Mengulik Penyebab Trust Issues  dalam Pertemanan

Perundungan (bullying) pada anak
Illustrasi: Perundungan (bullying) pada anak (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Berteman di sekolah maupun lingkungan sekitar atau menjadi hubungan dengan orang lain pasti akan mempertemukan kita dengan beragam karakter orang. Gesekan atau ketidakcocokan itu sangat mungkinterjadi dan menyebabkan adanya trust issues. Sebenarnya apa itu trust issues?

Trust issues merupakan sebuah kondisi ketika seorang individu merasakan kesulitan atau kehilangan kepercayaan kepada orang lain. Trust issues disebut juga krisis kepercayaan sering dipengaruhi oelh adanya pengalaman menyakitkan yang berasal dari anggota keluarga, teman, atau pacar.

BACA JUGA:

Percaya pada teman dan lingkungan sekitar merupakan hal penting dalam sebuah pertemanan atau bahkan sebuah komunitas. Trust issues ini bisa menyebabkan pertemanan terganggu. Inilah penyebab seseorang mengalami trust issues antara lain:

Pengalaman masa lalu

Pengalaman dan interaksi yang kurang menyenangkan di masa kecil dapat menjadi penyebab munculnya trust issues . Kurangnya perawatan, pengabaian, pengkhianatan, dan penganiayaan dapat membuat anak mengembangkan ketidakpercaaan kepada orang lain ketika ia beranjak dewasa.

Penolakan sosial saat remaja

Pengalaman pengucilan atau intimidasi oleh teman sebaya dapat membuat remaja memiliki self esteem yang rendah dan kesulitan untuk kembali menjalin relasi dengan orang lain. Tidak hanya saat remaja, misalnya sejak kecil anak menjadi korban perundungan juga akan membentuk pribadinya tidak percaya pada orang lain dan juga minder.

Pengalamanan traumatis

Adanya peristiwa traumatis seperti kecelakaan parah, serangan fisik, dan kehilangan seseorang yang dicintai dapat memunculkan perasaan kurang aman dan ketidakpercayaan pada individu. Pengalaman yang traumatis ini bisa terus mengganggu bila tidak dihilangkan dalam kehidupan kita.

Itulah tiga penyebab trust issues yang dapat terjadi pada kita atau bahkan teman-teman di sekitar kita. Bila gangguan ini terasa sangat mengganggu, sebaiknya kita segera mencari pertolongan pada ahlinya.

*Jika artikel ini bermanfaat silakan dishare kepada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*