24 Juni Diperingati sebagai Hari Bidan Nasional, Inilah Tema dan Peran Penting Bidan

Ilustrasi: Seorang bidan (KalderaNews.com/Ist.)
Ilustrasi: Seorang bidan (KalderaNews.com/Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Setiap 24 Juni, diperingati sebagai Hari Bidan Nasional. Peringatan ini untuk mengampanyekan peran penting bidan terutama yang berhubungan dengan persalinan dan pendidikan kesehatan reproduksi.

Tanggal 24 Juni dipilih sebagai Hari Bidan Nasional lantaran bertepatan dengan hari lahirnya IBI (Ikatan Bidan Indonesia), organisasi persatuan bidan nasional yang lahir pada tahun 1951.

BACA JUGA:

Tema Hari Bidan Nasional 2022 adalah “Perjalanan Panjang Profesi Bidan Mewujudkan Generasi Unggul Menuju Indonesia Maju”.

Menurut laman IBI, bidan adalah seorang perempuan yang lulus dari pendidikan bidan yang diakui pemerintah dan organisasi profesi di wilayah Negara Republik Indonesia serta memiliki kompetensi dan kualifikasi untuk diregister, sertifikasi dan atau secara sah mendapat lisensi untuk menjalankan praktik kebidanan.

Bidan adalah tenaga professional yang bertanggung-jawab dan akuntabel, yang bekerja sebagai mitra perempuan untuk memberikan dukungan, asuhan, serta nasihat selama masa hamil, masa persalinan dan masa nifas, memfasilitasidan memimpin persalinan atas tanggung jawab sendiri dan memberikan asuhan kepada bayi baru lahir, dan bayi.

Bidan memiliki tugas penting dalam konseling dan pendidikan kesehatan, tak hanya kepada perempuan, tapi juga kepada keluarga dan masyarakat. Kegiatan ini mencakup pendidikan antenatal dan persiapan menjadi orang tua serta dapat meluas pada kesehatan perempuan, kesehatan seksual atau kesehatan reproduksi dan asuhan anak.

Bidan biasanya praktik di berbagai tempat layanan kesehatan seperti rumah sakit, klinik atau unit kesehatan lainnya.

*Jika artikel ini bermanfaat, silakan dishare kepada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*