Hindari! Kebiasaan yang Menyebabkan Lelah Mental Berikut Ini

Kelelahan karena terlalu banyak meeting online perlu diatasi (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Lelah mental atau mental exhaustion bisa melanda kita kapanpun. Kondisi ini adalah ketika kita merasa mendapat banyak tekanan secara psikologis dan akhirnya membuat kita down.

Penyebab lelah mental ini bermacam-macam. Bisa dari lingkungan sekitar, masalah sehari-hari, atau bahkan dari kebiasaan yang kita lakukan. Tanpa kita sadari, kita bisa saja mempunyai kebiasaan yang membuat lelah mental.

BACA JUGA:

Secara umum, tanda-tanda orang yang sedang lelah mental itu antara lain:

  1. Motivasi beraktivitas turun drastis.
  2. Kesulitan fokus.
  3. Kesulitan untuk istirahat.
  4. Hubungan dengan orang lain memburuk.
  5. Kadang kita mudah terpancing emosi dan marah.

Kita bisa menghindari kebiasaan-kebiasaan sehari-hari yang awalnya kita anggap baik ternyata dapat menjadi penyebab lelah mental. Inilah kebiasaan yang sebaiknya kita hindari agar secara mental kita tidak kelelahan.

  • Kebiasaan memendam masalah atau perasaan. Masalah harus dicari jalan keluarnya. Memikirkannya sendiri belum tentu dapat membuat kita menemukan solusi. Cari pihak yang tepat yang bisa diajak berbagi. Demikian juga dengan perasaan. Bila punya perasaan sama seseorang, ungkapkan. Responnya bagaimana itu urusan belakangan. Yang penting kamu mengungkapkan dengan cara yang baik.
  • Kebiasaan bohong dengan perasaan diri sendiri. Hal ini lama-lama akan membuatmu lelah.
  • Kebiasaan pura-pura baik-baik saja padahal sedang tidak. Jujurlah pada diri sendiri dan orang terdekat kalau memang sedang tidak baik-baik saja.
  • Kebiasaan selalu meng-iya-kan orang lain. Sesekali kita boleh berkata ‘tidak’ untuk hal apapun, karena hanya kita yang mengerti situasi kita sendiri.
  • Kebiasaan menunda pekerjaan. Bila semua pekerjaan mempunyai deadline sama, hal ini tentu akan membuat kita risau.
  • Kebiasaan beraktivitas sampai lupa waktu istirahat. Pastikan kamu bisa mengendalikan dan mengatur waktu dengan baik agar bisa beristirahat.
  • Kebiasaan membandingkan diri dengan orang lain. Ini biasanya tanpa kita sadari membuat kita lelah secara mental. Stop it!
  • Kebiasaan berekspektasi yang tidak realistis. Mempunyai ekspektasi itu tidak salah, tetapi pastikan kamu selalu ‘menapak di bumi’, ya.
  • Kebiasaan menyalahkan diri sendiri. Bukan berarti kita boleh selalu menyalahkan orang lain, tetapi menyalahkan diri sendiri dapat membuat kita kelelahan juga.
  • Kebiasaan minta maaf secara berlebihan. Bila kamu melakukan sebuah kesalahan, beranilah meminta maaf, tetapi tidak perlu dilakukan secara berlebihan juga. Secukupnya saja. Orang lain memaafkan atau tidak, itu bukan menjadi tanggung jawabmu.
  • Kebiasaan pura-pura tidak butuh bantuan orang lain. Selama kita hidup, kita akan membutuhkan bantuan orang lain. Jangan merasa sungkan minta bantuan pada orang terdekat.
  • Kebiasaan memaksakan diri melakukan semua hal sendirian. Hal ini mirip dengan poin sebelumnya. Dibantu orang lain bukan berarti kita lemah, kok.
  • Kebiasaan terlalu memikirkan omongan, tindakan, dan respon orang lain. Ingat, dalam dunia ini ada hal yang bisa kita kendalikan ada yang tidak. Jadi tidak perlu terlalu risau dengan apa kata dunia, ya.
  • Kebiasaan terlalu perfeksionis dan ambisius pada setiap hal. Kedua ini akan membuatmu tertuntut menjadi yang paling dan itu akan membuatmu lelah mental.
  • Kebiasaan terlalu banyak membuka media sosial. Media sosial itu baik, tetapi bila berlebih dan tidak bisa kamu kendalikan, kamu bisa lelah mental.

Kebiasaan-kebiasaan tersebut di atas secara tidak kita sadari bisa membuat kita merasa lelah secara mental. Sedikit demi sedikit kurangi kebiasaan yang merugikan itu untuk hidup bahagia yang sesungguhnya, ya.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu!




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*