Ujian Akhir Sebentar Lagi, Pastikan 3 Cara Paten Biar Engga Lupa Materi Ini Telah Kamu Tahu

Belajar
Belajar di perpusatakaan (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Akhir semester telah di depan mata. Sebentar lagi kita akan berjibaku dengan ujian. Diperlukan cara belajar yang jitu menjelang ujian. Nah, bila kita sering lupa dengan materi pelajaran atau kuliah tentu akan merepotkan saat ujian.

Menurut Ebbinghaus, kita akan lupa sebanyak 50% dari apa yang telah kita pelajari setelah satu jam belajar dan persentase lupa ini akan terus terjadi bila kita tidak mengulang materi secara aktif dan rutin.

BACA JUGA:

Tanpa pengulangan materi pelajaran atau kuliah dengan aktif dan rutin, ilmu yang kita pelajari secara perlahan akan lupa hingga akhirnya hanya sedikit materi belajar yang bisa masuk ke otak memori jangka panjang kita. Ibaratnya, memori jangka pendek itu seperti papan tulis, sifatnya sementara dan mudah dihapus. Sedangkan memori jangka panjang itu bak gudang yang bisa menyimpan barang dengan awet dan aman.

Agar setelah belajar kita tidak segera lupa, terapkan tiga cara berikut ini.

Spaced Repetition

Coba kamu ulangi kembali materi pelajaran setelah satu jam, sepuluh jam, satu hari, satu minggu, bahkan satu bulan. Beri jarak antara belajar pertama, kedua, ketiga, dan seterusnya, tetapi pastikan materi belajarnya harus sama. Dengan cara ini, saat materi akan hilang dari otak, bisa dipanggil lagi karena diulang secara rutin dan berjangka.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*