Dear Mahasiswa Tingkat Akhir, Inilah 6 Rahasia Mengerjakan Skripsi Cepat Selesai

Mengerjakan Skripsi
Ilustrasi: Mengerjakan Skripsi
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Skripsi menjadi sebuah syarat kelulusan kita dari kuliah. Meski sering dianggap momok yang menakutkan, mengerjakan skripsi memerlukan energi yang besar. Tidak hanya itu, mengerjakan skripsi juga diperlukan semangat yang kuat serta tangguh.

Selain itu, mengerjakan skripsi diperlukan pengetahuan dan keterampilan yang mendukung. Modal dasar mengerjakan skripsi ini yang diperlukan senantiasa ada dalam keseharian kita sebagai mahasiswa tingkat akhir agar skripsi dalam segera selesai tepat waktu.

BACA JUGA:

Rahasia mengerjakan skripsi ini harus diketahui mahasiswa tingkat akhir agar dapat menyelesaikan skripsi dengan tepat waktu.

  1. Pilihlah judul dan topik skripsi yang kamu pahami. Memilih judul dan topik yang tidak kamu pahami akan menyulitkan dirimu sendiri dan buang-buang waktu karena harus belajar terlebih dahulu topik baru tersebut.
  2. Pilihlah judul dan topik skripsi yang kamu sukai dan minati. Mengerjakan sesuatu yang kita sukai dan minati pasti akan membuat kita terus bersemangat.
  3. Kurangi ego dalam mengerjakan skripsi. Contohnya bila kamu menginginkan judul skripsi yang keren dan ingin meneliti yang sulit biar bisa dibilang sebagai mahasiswa yang pintar, atau ingin meneliti sesuatu yang belum pernah diteliti sama sekali oleh mahasiswa di jurusanmu dengan tujuan agar dikenal oleh para dosen. Hal-hal tersebut akan membuat skripsimu lama selesai. Pilih dan kerjakan skripsi yang sekiranya kamu mampu mengerjakannya.
  4. Fokus dan punya target yang jelas. Contohnya kamu punya target bahwa proposal skripsi kamu harus selesai dalam waktu satu bulan dan semester 8 kamu sudah harus siding skripsi. Atau contoh kecil lainnya adalah dalam sehari kamu harus menulis 10 halaman untuk skripsi. Itu target-target yang dapat membuat kita fokus mengerjaan skripsi.
  5. Menjaga hubungan yang baik dengan pembimbing. Pembing itu merupaan partner dalam mengerjakan skripsi. Cara menjaga hubungan baik dengan pembimbing adalah dengan mengerjakan segala saran yang diberikan, mengetahui aturan atau tata cara dalam menghubungi pembimbing, dan selalu memberikan kesan baik selama bimbingan. Contohnya selallu berdiskusi dengan pembimbing ketika ada yang tidak kamu ketahui soal skripsi, karena pembimbing lebih senang berdiskusi dengan mahasiswa daripada harus melihat mahasiswanya tidak bisa menjawa pertanyaan saat sidang skripsi.
  6. Punya support system yang  saling mendukung. Mempunyai teman yang sama-sama sedang mengerjakan skripsi akan membuatmu semangat. Kalian akan nyambung ngobrol dan bisa saling sharing serta memberikan dukungan. Teman yang mendukung ini diperlukan agar kita tidak merasa sendiri dalam berjuang.

Nah, dengan rahasia mengerjakan skripsi tersebut di atas, kamu sudah siap skripsian tahun ini, kan? Tetap semangat, ya!

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*