Dear Milenial, Inilah 12 Tahapan Burn out yang Harus Kamu Tahu

Ilustrasi guru sekolah dasar (SD) yang terlihat terlalu lelah. Kelelahan yang berlebihan (burnout) dapat menyebabkan stress berkepanjangan. (KalderaNews/Ist)
Ilustrasi: Pekerja terlihat terlalu lelah. Kelelahan yang berlebihan (burnout) dapat menyebabkan stres saat bekerja yang berkepanjangan. (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

Jakarta, KalderaNews.comBurn out menjadi istilah yang akhir-akhir ini akrab dengan kita karena kejenuhan yang panjang. Sebelum benar-benar berapa dalam kondisi burn out, kita harus tahu gejala yang ada agar dapat menghindari atau mengatasi secara dini.

Inilah 12 tahapan burn out yang harus kamu tahu untuk dikenali gejalanya. Pastikan tahapan ini kamu kenali gejalanya, ya.

BACA JUGA:

  1. Terdapat keinginan kuat untuk membuktikan diri kepada dunia luar tentang dirimu.
  2. Untuk membuktikan diri tersebut kamu terus bekerja lebih keras untuk mencapai hal yang kamu inginkan.
  3. Dalam situasi bekerja lebih keras tersebut, kamu mulai mengabaikan kebutuhan pribadimu.
  4. Tahapan berikutnya adalah kamu menjadi sensitif dan mudah marah. Bahkan kamu bisa dengan mudah meledak karena hal yang sangat sepele.
  5. Setelah mempunyai sikap yang sangat sensitif, kamu mulai menyalahkan orang lain atas masalahmu atau situasi yang kamu hadapi.
  6. Kondisi tersebut membuat tingkat stresmu meningkat.
  7. Ketika stres mulai meningkat, kita bisa cenderung menarik diri dari kehidupan sosial dan keluarga. Bisa jadi kita menjadi pribadi yang mengurung diri dari lingkungan luar.
  8. Tahapan burn out selanjutnya adalah situasi tersebut  membuat perilaku kita berubah tanpa kita sadari. Dan berubahnya perilaku ini membuat orang di sekitar kita atau yang kita cintai bisa merasa kecewa.
  9. Saat berada dalam kondisi ini, bisa jadi kemudian kita merasa tidak seperti diri sendiri sebagaimana biasanya.
  10. Selanjutnya kita akan merasa hampa dan mati rasa. Kita menjadi pribadi yang tidak peka, tidak mau peduli dengan sekitar.
  11. Tahapan berikutnya dari burn out adalah kita merasa sangat tertekan dan depresi. Dalam situasi ini kita harus telah menyadari bahwa permasalahan tidak melulu terjadi dikarenakan oleh orang lain.
  12. Tahapan burn out total. Secara fisik kesehatan kita terganggu dan secara mental kita akan merasa down. Pada tahap ini bisa jadi kita membutuhkan pertolongan dari ahli.

Itulah 12 tahapan burn out yang bisa saja terjadi dalam kehidupan kita. Kenali setiap tahapan agar kita bisa menghindari serta mengatasinya dengan baik.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan share pada saudara, sahabat dan teman-temanmu!




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*