Cara Ampuh Agar Tidak Menunda Mengerjakan Tugas Kuliah

Ilustrasi: Inilah 4 orang yang sukses berkat tugas kuliah. (KalderaNews.com/Ist.)
Ilustrasi: Inilah 4 orang yang sukses berkat tugas kuliah. (KalderaNews.com/Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Tugas kuliah merupakan kembang dari kuliah. Tanpa tugas kuliah, rasanya kuliah akan seperti sayur tanpa garam. Jadi berharap kuliah berjalan mulus tanpa tugas sepertinya merupakan hal yang mustahil.

Sayangnya, bila semua dosen mata kuliah memberikan tugas, kerap kali tugas kita akan terbengkalai. Atau karena banyaknya tugas, bisa jadi kita menunda mengerjakan tugas kuliah. Selain itu, menjadi deadliner  tugas akhirnya kita pilih. Submit tugas menjelang deadline memang membuat jantungberdebar.

BACA JUGA:

Bila kebiasaan menunda tugas atau mengumpulkan mepet waktu dikerjakan terus menerus, hal ini dapat membangun karakter yang tidak baik. Risiko mengumpulkan tugas mepet deadline itu banyak: tugas jadi tidak maksimal, e-learning bisa saja mendadak error dan beragam risiko yang lain.

Inilah tiga cara ampuh yang harus kamu tahu agar tidak menunda mengerjakan tugas kuliah. Sebagai mahasiswa kamu harus paham.

Miliki prioritas agenda harian yang jelas dan ideal

Prioritaskan kegiatan harianmu menjadi agenda harian yang jelas, misalnya kuliah, organisasi, kerja paruh waktu, atau volunteer. Setelah membuat prioritas, kamu juga harus ideal menjaga seluruh agenda tersebut, jangan sampai terlalu sibuk atau terlalu gabut agar tetap bisa melakukan kegiatan yang produktif.

Kerjakan dulu tugas yang gampang dan pecah menjadi tugas kecil

Kamu dapat mengerjakan tugas dari yang muda dulu agar motivasi belajarmu tidak luntur di tengah jalan saat mengerjakan tugas. Jangan langsung diselesaikan dalam satu waktu, kamu juga bisa membagi menjadi beberapa waktu dalam satu hari nugasnya, misalnya pagi, sore, dan malam.

Lakukan dopamine detox  saat mau nugas

Saat sudah ada keinginan mengerjakan tugas, hindari hal-hal yang mungkin bisa membuatmu kecanduan tentang suatu hal dan membuang-buang waktu. Setidaknya minimal satu jam sebelum mulai nugas kamu bisa menghindari media sosial, film/movie, anime, K-drama, game, dan lain-lain.

Tiga hal tersebut merupakan cara ampuh yang dapat kamu lakukan untuk membuat kita semangat mengerjakan tugas kuliah. Yuk, semangat yuk!

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*