Puncak Perayaan Waisak 2022 Digelar di Candi Borobudur, Kamu Bisa Saksikan Festival Lampion

Pelepasan lampion perayaan Waisak di Candi Borobudur. (Ist.)
Pelepasan lampion perayaan Waisak di Candi Borobudur. (Ist.)
Sharing for Empowerment

MAGELANG, KalderaNews.com – Perayaan Tri Suci Waisak Nasional umat Buddha Indonesia 2566 B.E. tahun 2022 akan digelar Perwakilan Umat Buddha Indonesia (WALUBI) dan Persatuan Umat Buddha Indonesia (PERMABUDHI) di Candi Borobudur, Jawa Tengah.

Perayaan Waisak Nasional berlangsung mulai 14 Mei hingga puncaknya pada 16 Mei 2022.

BACA JUGA:

Waisak sendiri merupakan hari suci agama Buddha yang dirayakan setiap bulan Mei, tepat pada terang bulan atau purnama sidhi. Peristiwa kelahiran, penerangan agung, dan kematian Sidharta Gautama terjadi pada tanggal yang sama, yakni bulan purnama di bulan Mei.

Ketiga peristiwa tersebut dirayakan umat Buddha sebagai hari raya Waisak. Bagi umat Buddha, tiga peristiwa penting tersebut dinamakan Trisuci Waisak. Siddharta Gautama adalah guru spiritual dari wilayah timur laut India yang merupakan pendiri agama Buddha.

Waisak 2022 mengusung tema “Jalan Kebijaksanaan Menuju Kebahagiaan Sejati”, dengan sub-tema, “Marilah kita mengaktualisasikan ajaran luhur sang Buddha dalam kehidupan sehari-hari, menuju pencerahan sempurna tiada batasnya”.

Tema ini mengajak umat Buddha bersatu melakukan perbuatan baik penuh amal dan kebajikan, memajukan keluhuran diri masing-masing bahagia dengan buah karma baik dan keberuntungan baik sepanjang masa tercipta pula moderasi beragama di masa sekarang.

Rangkaian perayaan Waisak akan dimulai dengan bakti sosial di daerah sekitar Candi Borobudur pada 14 Mei 2022. Pada hari yang sama, akan digelar ritual pengambilan Api Abadi Mrapen dibawa dan disemayamkan di Candi Mendut.

Pada 15 Mei 2022, pengambilan Air Suci dari Umbul Jumprit dibawa dan disemayamkan di Candi Mendut. Pada hari berikutnya, 16 Mei 2022, prosesi jalan kaki dari Candi Mendut ke Candi Borobudur dan Dharmasanti Waisak tepat pukul 19.00 WIB di Lapangan Lumbini Candi Borobudur.

Nah, ada satu hal yang menarik dalam perayaan Waisak di Candi Borobudur, yakni festival lampion Waisak. Bagi pengunjung yang bukan beragama Buddha juga bisa menyaksikan keindahan festival ini, dengan memesan tiket masuk terlebih dahulu.

Tapi, pastikan kamu telah mendapatkan vaksinasi Covid-19 lengkap, karena semua rangkaian perayaan Waisak di Candi Borobudur digelar dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*