Fakta Penyakit Lupus yang Perlu Kamu Tahu Selain Lambang Kupu-Kupu

Hari Lupus Sedunia (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Lupus merupakan sakit autoimun yang diperingati sedunia pada setiap tanggal 10 Mei. Lupus ini terdiri dari beberapa macam dan yang  paling umum adalah Lupus Eritematosus Sistemik (LES). Hingga kini faktor risiko penyakit ini belum diketahui dengan jelas.

Beberapa penelitian menduga peyakit ini dipicu oleh faktor genetik, imunologik, hormonal, serta lingkungan. Dari faktor genetik, sekitar 7% pasien LES mempunyai keluarga dekat (baik orang tua tau saudara kandung) yang juga didiagnosis LES.

BACA JUGA:

Sedangkan faktor lingkungan  yang dianggap sebagai pemicu adalah faktor lingkungan yang dipengaruhi oleh infeksi, stres, makanan, antibiotik khususnya kelompok sulfa dan penisilin, cahaya ultraviolet dari matahari, penggunaan obat-obatan tertentu, merokok, dan paparan Kristal silica.

Untuk faktor homonal yang dianggap sebagai pemicu antara lain adalah umumnya perempuan lebih sering terkena penyakit lupus daripada laki-laki. Dan meningkatnya angka pertumbuhan penyakit lupus sebelum periode menstruasi atau selama kehamilan mendukung dugaan bahwa hormon estrogen menjadi salah satu pemicu penyakit ini.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*