Peringati Hari Lupus Sedunia Setiap Tanggal 10 Mei, Begini Sekilas Mengenai Penyakit Seribu Wajah

Ilustrasi. Hari Lupus Sedunia (Ist)
Ilustrasi. Hari Lupus Sedunia (Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Pada tanggal 10 Mei, masyarakat dunia memperingati Hari Lupus Sedunia, dimana penyakit ini lebih dikenal dengan penyakit seribu wajah.

Penyakit Lupus sendiri merupakan penyakit autoimun, dimana kondisi sistem imunitas atau kekebalan tubuh seseorang kehilangan kemampuan untuk membedakan substansi asing (non-self) dengan sel dan jaringan tubuh sendiri (self), dan kondisi ini membuat sistem kekebalan tubuh menyerang sel, jaringan, dan organ tubuh yang sehat.

Dirangkum dari berbagai sumber dikatakan bahwa penyakit lupus tersebut terdiri dari beberapa macam jenis, salah satu jenis yang paling sering dirujuk masyarakat umum yakni Lupus Eritematosus Sistemik (LES).

BACA JUGA:

LES memiliki gejala yang mirip dengan penyakit lain, sehingga sulit untuk dideteksi. Tingkat keparahannya pun beragam mulai dari ringan hingga yang mengancam jiwa.

Gejala LES dapat timbul secara tiba-tiba atau berkembang perlahan. Pasien LES dapat mengalami gejala yang bertahan lama atau bersifat sementara sebelum akhirnya kambuh lagi. Kesulitan dalam upaya mengenali LES sering kali mengakibatkan diagnosis dan penanganan yang terlambat.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*