7 Cara Cegah Mabuk Darat Saat Mudik, Penting Untuk Kamu Tahu

Ilustrasi: mabuk darat dan kelelahan dalam menyetir (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Mabuk perjalanan dapat menyerang siapa saja dengan moda transportasi beragam termasuk mabuk darat bila kita menggunakan moda transportasi umum saat mudik nanti.

Untuk mencegah mabuk darat, kamu dapat mengikuti cara-cara berikut.

BACA JUGA:

Perhatikan apa yang kamu makan sebelumnya

Makanan dan minuman yang kitakonsumsi sesaat sebelum melakukan perjalanan dapat mempengaruhi pencernaan kita. Sebaiknya hindari makanan dan minuman yang terbuat dari produk olahan seperti keju atau krim karena bisa menyebabkan kembung, mual dan menimbulkan perasaan tidak nyaman di perut saat perjalanan.

Gorengan, daging , dan alcohol juga tidak direkomendasikan untuk dikonsumsi. Makanan yang berat, pedas, dan tinggi lemak juga dapat memperparah mabuk darat.

Pilih tempat duduk yang tepat

Tempat duduk yang tepat selama perjalanan juga dapat mencegah mabuk darat. Pilihlah tempat duduk yang relative stabil, agar goncangan yang kamu rasakan minimal dan tidak menimbulkan mual selama di alan. Jika mudik dengan mobil, pilihlah kursi di samping pengemudi atau setidaknya di tengah .

Bila kamu naik bus kamu bisa memilih duduk di bagian depan. Pun jika menggunakan kereta, kamu bisa memilih tempat duduk yang menghadap ke depan, kea rah yang dilalui kereta api atau di samping jendela.

Fokus pada pandangan ke depan

Beberapa orang mengatakan bahwa melihat ke samping bisa menimbulkan pusing dan menyebabkan mual, sehingga mereka menyarankan untuk melihat ke depan saja. Membungkuk, memainkan gawai juga dapat menimbulkan rasa pusing. Bila terasa bosan, kamu bisa bunuh waktu dengan tidur atau mendengarkan musik dengan mata terpejam.

Cari udara segar

Ada sebagian orang yag tidak tahan dengan udara dari AC, bisa jadi karena bau atau hal lain. Hal ini dapat memicu rasa mual. Membuka jendela dapat membuat udara segaar masuk dan kita bisa bernafas dengan lega. Sayngnya membuka jendela ini tidak bisa diterapkan pada semua moda transportasi darat.

Minum obat

Ini dianggap sebagai cara paling efektif untuk mengatasi mabuk darat. Kandungan dimenhudrinate  dapat mencegah gejala mabuk seperti pusing, mual, dan muntah. Obat ini bekerja dengan cara memblokir senyawa histamine gejala mabuk perjalanan.

Hindari orang mabuk darat

Mungkin cara ini terdengar jahat, tetapi biasanya orang yang mabuk darat dapat membuat kita tertular, meskipun hanya denganmelihat atau mencium baunya. Bila terpaksa tidak bisa menghindar, lakukan distraksi agar tidak tertular mabuk darat, misalnya dengan mengobrol dengan orang lain, tidur atau kegiatan lainnya.

Pakai aromaterapi

Biasanya kita mempunyai minyak atau aroma khusus yang bisa menenangkan kita. Kamu bisa membawa dan menggunakan minyak dan aroma tersebut untuk mendistrak diri sendiri agar mabuk darat tidak terjadi.

Demikian beberapa cara yang data dilakukan untuk mencegah mabuk darat terjadi selama perjalanan mudik. Stay safe, stay healthy!

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*