Mengupas 11 Jenis Sudut dalam Matematika, Beserta Istilahnya dalam Bahasa Inggris

Sudut matematika (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Sudut dalam matematika sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari dari benda sekitar. Rupanya jenis sudut ini ada beragam.

Jenis sudut dibagi berdasarkan besar sudutnya dan juga berdasarkan letak posisinya. Berdasarkan besar sudutnya, terdapat tujuh jenis sudut, sedangkan berdasarkan letak posisinya terdapat empat jenis.

BACA JUGA:

Yuk, kita kenali jenis sudut lain yang ada di dalam ilmu matematika.

Berdasarkan besar sudutnya

Sudut lancip

Adalah jenis sudut yang mempunyai besaran sudut yang tida lebih dari 90 derajat atau lebih tepatnya besaran sudut lancip di antara 0 derajat hingga kurang dari 90 derajat. Besaran sudut lancip bisa dibilang lebih kecil bila dibandingkan dengan sudut siku-siku.

Lambang matematika dapat ditulis demikian: 0 derajat < x < 90 derajat. (x adalah besaran sudut yang diukur). Dalam bahasa Inggris disebut acute angle.

Sudut tumpul

Berbalik dari sudut lancip, sudut ini merupakan sudut yang besarannya lebih dari 90 derajat hingga kurang dari 180 derajat. Sudut tumpul bisa dikatakan sebagai sudut yang besaran sudutnya di atas sudut siku-siku dan sudut lancip.

Bila ditulis dengan lambang matematikan maka sudut tumpul adalah 90 derajat < x < 180 derajat. (x merupakan besaran sudut yang diukur). Disebut obtuse angle dalam bahasa Inggris.

Sudut siku-siku

Sudut siku-siku adalah sudut yang mempunyai besaran sudut yang sangat tepat 90 derajat. Sudut ini dihasilkan dari dua garis lurus yang saling berpotongan atau bertemu, sehingga menghasilkan garis yang saling tegak lurus. Besaran sudut siku-siku bisa dikatakan lebih besar dari sudut lancip dan lebih kecil dari sudut tumpul. Dalam bahasa Inggris, sudut ini disebut sebagai tight angle.

Sudut lurus

Sesuai dengan namanya, sudut ini berbentuk lurus denganbesaran 180 derajat. Jika dilihat secara sekilas, sudut lurus seperti sebuah garis lurus dengan bentuk horizontal dan terlihat seperti memiliki dua lengan. Dalam bahasa Inggris disebut straight angle.

Sudut refleks

Sudut ini merupakan sudut yang mempunyai besaran sudut mulai 180 derajat hingga kurang dari 360 derajat. Dengan besaran sudut yang dimiliki oleh sudut reflex, maka bisa dikatakan bahwa besaran sudut ini lebih besar dari sudut tumpul, sudut siku-siku dan sudut lancip.

Sudut ini dinamakan reflex karena merupakan refleksi dari sudut tumpul. Jika menggunakan lambang matematika, maka dapat ditulis sebagai berikut 180 derajat < x < 360 derajat. Dalam bahasa Inggris, jenis sudut ini disebut reflex angle.

Sudut nol derajat

Sudut not derajat adalah sudut dengan besaran hanya sebesar nol derajat saja. Merupakan sudut yang terbentuk dari dua garis yang saling berhimpitan, tetpi tidak membentuk suatu daerah sudut. Jika dilihat sekilas, memang seperti ada dua garis lurus saja, tetapi sebenarnya dua garis itu sedang berhimpitan. Dalam bahasa Inggris jenis sudut yang satu ini diberi nama zero degree.

Sudut penuh

Sudut penuh adalah sudut yang mempunyai besaran sudut sebesar 360 derajat. Maka dari itu sudut penuh biasanya memiliki kecenderungan berbentuk lingkaran. Garis lurus yang ada di sudut penuh biasanya akan memenuhi satu putaran yang menghasilkan sudut 360 derajat atau untuk berhasil ke posisi awalnya membutuhkan sebuah rotasi. Complete angle merupakan istilah bagi sudut ini dalam bahasa Inggris.

Berdasarkan letak posisinya

Sudut bersebelahan

Sudut jenis ini menjelaskan adanya sudut bersebelahan yang memiliki tiga buah garis. Oleh karena itu, sudut bersebelahan adalah sudut yang dihasilkan dari tiga garis yang dihubungkan dengan satu titik vertex. Titik vertex adalah suatu titik yang mempertemukan tiga atau lebih garis pada suatu sudut.

Sudut vertikal

Sudut vertikal adalah jenis sudut yang memiliki dua buah sudut. Jadi sudut vertical ini merupakan sudut yang dihasilkan dari dua sudut yang dipertemukan dengan saling bertolak belakang, sehingga membentuk sebuah potongan dua garis. Oleh karena itu, sudut vertidak dapat disebut juga sebagai sudut bertolak belakang.

Sudut komplementer

Sudut ini cirinya adalah  di tengah siku terdapat sebuah garis yang membentuk dua buah sudut. Sudut komplementer adalah sebuah sudut yang dibentuk melalui pertemuan antara dua sudut yang bersebelahan dengan besaran sudut tetap 90 derajat.

Sudut suplementer

Sudut ini mempunyai ciri terdapat sebuah garis lurus di tenagh-tengah yang menciptakan dua buah sudut. Sudut suplementer adalah sebuah sudut yang dibentuk melalui pertemuan antara dua sudut yang bersebelahan dengan besaran sudut keduanya tepat 180 derajat.

Itulah sebelas jenis sudut yang ada dalam matematika beserta ukurannya. Beberapa sudut memang tampak tidak familiar namanya, tetapi mereka ada.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*