Engga Perlu Ganti Ponsel, Ini Cara Membuat Ponsel Seperti Baru Lagi

Ponsel Flagship
Ilustrasi Ponsel Flagship (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Telepon seluler selalu bermunculan setiap bulan, tetapi tidak selamanya kita harus mengikuti perkembangan teknologi dan gawai tersebut dengan cara ganti ponsel. Meskipun kita juga akan melakukan upgrade gawai kita karena kebutuhan.

Tanpa harus ganti ponsel baru, inilah beberapa cara sederhana yang dapat membuat ponsel kita terasa baru lagi. Inilah caranya.

BACA JUGA:

Hapus aplikasi yang tidak terpakai

Luangkan waktu untuk mengecek laman utama (home screen) untuk mengecek aplikasi apa saja yang sudah tidak pernah digunakan. Menghapus aplikasi selain membantu mengurangi memori ponsel, juga bisa menjaga keamanan perangkat dan data pribadi. Pengguna mungkin mengizinkan aplikasi tersebut mengakses sejumlah informasi ketika pertama kali memasang.

Hapus berkas lama

Pindahkan berkas lama ke penyimpanan eksternal, lalu hapus. Hapus juga berkas yang sudah tidak terpakai lagi. Berkas yang tidak terpakai bisa berupa gambar GIF yang dikirim lewat aplikasi pesan instan, menu makanan di restoran, sampai video yang diunduh dari media sosial.

Cek juga berkas unduhan untuk melihat apakah masih ada berkas yang sudah tidak diperlukan. Beberapa ponsel memiliki tempat khusus untuk berkas-berkas  berukuran besar. Hapus berkas besar itu jika memang sudah tidak digunakan, untuk menghemat tempat penyimpanan.

Setel ulang layar utama

Supaya terlihat baru dan segar, pengguna bisa mengubah tampilan layar utama (home screen) menggunakan pengaturan yang sudah tersedia dari ponsel. Misalnya, ubah tata letak, unduh tema baru dan anti gambar pada latar belakang. Pengguna bisa bereksperimen dengan tampilan layar melalui menu yang ada di setelah (pengaturan)

Optimalisasi perangkat

Selain mengubah gambar layar, kamu juga bisa mengoptimalkan setelah ponsel yang berguna terhadap kinerja ponsel. Misalnya, menyalakan mode penghemat baterai supaya ponsel bisa digunakan lebih lama. Menyalakan mode gelap (dark mode) juga bisa membantu menghemat daya baterai.

Setelan privasi

Langkah terakhir untuk ganti ponsel tanpa harus membeli adalah setelah mengubah tampilan ponsel, sediakan waktu untuk mempelajari pengaturan keamanan dan privasi agar keamanan ponsel terjaga. Jangan lupa cek izin apa saja yang diberikan pada setiap aplikasi, ubah itu bila dirasa perlu.

Demikian lima cara mudah untuk membuat ponsel kita seperti baru lagi tanpa harus ganti ponsel. Yuk, dicoba yuk!

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*