Masih Bingung dengan Cara Ikan Tidur? Begini Penjelasannya

Ikan adalah salah satu hewan tidak berkelopak mata. (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Mengamati hidup ikan memang menarik. Satu pertanyaan sederhana sejak kita kecil adalah bagaiamana ikan tidur. Apakah ikan tidak pernah tidur karena ia berada di dalam air? Apakah ikan tidur dengan merem karena matanya terus menerus melek?

Ikan juga tidur seperti makhluk hidup lainnya. Ikan merupakan salah satu binatang yang tidak mempunyai kelopak mata, kecuali ikan hiu. Oleh karena itu, mata ikan akan tampak selalu terbuka. Sehingga sulit bagi kita membedakan apakah ikan sedang tertidur atau tidak.

BACA JUGA:        

Sebagian besar ikan tidak mempunyai neokorteks (seperangkat lapisan korteks otak besar yang pada mamalia berfungsi sebagai otak tingkat tinggi) dan kelopak mata. Hal ini menyebabkan sisi otak ikan tertutup dan mata mereka tidak dapat terpejam.

Ikan tidur tidak benar-benar lelap seperti kita, melainkan hanya setengah sadar. Bahkan ekor ikan masih dapat digerakkan untuk memastikan aliran air tetap terjada menuju insang. Hal ini agar ikan tidak kekurangan oksigen dan tetap bernapas.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*