Unik! Burj Khalifa, Satu Gedung dengan Tiga Zona Waktu Salat Berbeda

Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Bila kamu di Jakarta dan temanmu di Denpasar atau di Jayapura, bisa jadi kalian memiliki waktu salat yang berbeda. Demikian juga waktu buka puasa juga berbeda. Hal ini terjadi karena memang kalian berada dalam zona waktu yang berbeda.

Pernahkah terbayang bila kamu berada di dalam satu gedung tetapi waktu salat dan buka puasanya berbeda?

BACA JUGA:

Fenomena unik ini terjadi di Burj Khalifa. Burj Khalifa merupakan bangunan tertinggi di dunia, yang sebelumnya bernama Burj Dubai. Gedung yang diresmikan pada 4 Januari 2010 ini mencapai ketinggian 828 meter.

Gedung in mempunyai 162 lantai ini dibangun oleh Adrian Smith, sebenarnya direncanakan dengan tinggi yang masih rahasia.

Yang unik dari gedung iniadalah memiliki tiga zona waktu salat yang berbeda. Bak kita yang tinggal di Jakarta, Denpasar, dan Jayapura. Demikian juga waktu buka puasa yang berbeda. Jadi meskipun kamu bukber di gedung ini, bisa jadi waktunya tidak sama. Menyesuaikan kita berada di lantai berapa.

Perbedaan waktu ini terjadi karena pemandangan matahari berbeda dari lantai bawah, tengah, dan atas. Makin tinggi lantainya, maka waktu salat dan buka puasa akan makin beda. Salat dan buka puasa akan cepat bila kita berada di lantai bawah.

Zona waktu yang pertama ada di lantai dasar hingga lantai 80. Kemudian zona waktu salat berikutnya ada di lantai 81 hingga 150. Pada zona kedua ini, waktu salah dan buka puasanya lebih lambat dua menit daripada zona pertama. Dan zona ketiga ada di lantai 151 hingga puncak Menara.

Perbedaan zona waktu ini juga berpengaruh pada waktu sahur. Namun, kebalikannya, makin tinggi lantai kita berada, maka makin awal waktu subuh itu datang. Karena makin tinggi lantai kita berada, kita makin cepat melihat fajar penanda waktu subuh.

Gimana? Tertarik bukber dan sahur di Burj Khalifa, Gengs?

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




1 Comment

  1. Mohon maaf, berarti beda kasus donk dengan Jakarta Denpasar Jayapura, karena jelas di Jakarta jam 7 pagi berarti di Jayapura jam 9.
    Kalo ini kan cuma beda menit saja

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*