Kuliah Sambil Kerja? Jangan Pernah Malu Melakukan Hal Berikut Ini

Ilustrasi: Kuliah sambil bekerja. (Ist.)
Ilustrasi: Kuliah sambil bekerja. (Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Kuliah sambil kerja kadang memang menjadi pilihan yang tak terelakkan. Idealnya memang kita harus fokus kuliah saja dulu baru bekerja, tetapi kondisi kerap menuntut kita untuk terus menempuh pendidikan sambil bekerja.

Bekerja akan memberi kita banyak pengalaman dan dapat membuka cara berpikir kia agar makin dewasa, dapat berpikir praktis dan cepat menemukan solusi atas berbagai permasalahan yang ada.

BACA JUGA:

Meskipun banyak manfaat yang bisa diperoleh, kadang situasi ini malah membuat kita tidak percaya diri bahkan minder. Padahal seharusnya tidak demikian. Jangan pernah malu melakukan lima hal berikut ini saat kerja sambil kuliah.

Promosi dagangan dan karya

Bekerja sambil kuliah itu banyak jenisnya. Misalnya mempunyai toko online¸ atau pekerjaan offline seperti menulis atau membuat desain karya. Apapun yang kamu kerjakan jangan malu untuk terus melakukan promosi atau mempublikasikannya. Ini penting agar orang tahu apa yang kamu jual dan siapa tahu mereka sedang membutuhkannya.

Menolak sering nongkrong

Dengan kuliah sambil kerja, tentu saja waktu kita bermain bakal berkurang bahkan tidak ada karena harus mengatur waktu antara bekerja dengaan kuliah. Hal itu bisa jadi kita sering menolak ajakan teman untuk nongkrong sekadar ngopi-ngopi.

Awalnya mungkin aka nada perasaan ga enak pada dirimu, tetapi lama kelamaan teman-temanmu pun akan memahami kondisimu. Kamu bisa bergabung untuk nongkrong dengan mereka saat mempunyai waktu luang.

Menolak mentraktir meski sudah punya uang sendiri

Kuliah sambil bekerja memang akan membuatmu punya uang sendiri. Namun, kamu juga tetap ingat bahwa tujuanmu tidak hanya sekadar menambah uang jajan, melainkan bisa jadi untuk membayar keperluan kuliah.

Bila teman-temanmu sering minta ditraktir, bisa jadi mereka belum mengerti akan hal tersebut, dan kamu boleh saja menolaknya dengan halus atau dengan bercanda. Tidak perlu takut dianggap pelit dengan penolakan yang kamu lakukan dengan baik tersebut.

Minta dukungan teman tentang pekerjaan kita

Kamu bisa juga meminta dukungan dari teman-temanmu. Mulai dari ikut mempromosikan dagangan pada orang terdekat hingga meminta mereka melariskan daganganmu atau agar orang melakukan order jasa padamu.

Teman-temanmu juga pasti akan senang membantumu. Asalkan kamu memintanya dengan sukarela dan tidak memaksa, mereka akan jadi pendukungmu dan keberhasilanmu juga akan membuat mereka merasa banga bahkan bisa jadi terinspirasi olehmu.

Asertif

Selain nongkrong, anak kuliahan biasanya juga konsumtif. Senang berbelanja barang-barang yang mungkin tidak terlalu perlu. Kamu tidak perlu ikut dengan gaya mereka dengan mengatakan secara baik bahwa kamu perlu lebih banyak menabung untuk kebutuhanmu di masa depan daripada berbelanja.

Kamu bisa sampaikan pada mereka bahwa kamu baik-baik sajameskipun menemani mereka belanja dan kamu tidak ikut belanja.

Kuliah sambil kerja memang banyak tantangannya. Jangan malu dan jangan minder meskipun kamu kuliah sambil bekerja, sebaliknya ini dapat kamu jadikan pemicu untuk lebih berprestasi. Semangat, ya!

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat, dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*