Trik Merawat Ban Sepeda Motor Agar Awet

Ilustrasi: Pengendara Sepeda Motor (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Ban sepeda motor sangat penting perannya. Apalagi bila keseharian kita bermobilisasi dengan menggunakan sepeda motor. Selain jadi penggerak, ban juga berfungsi sebagai penopang berat sepeda motor, mendukung kestabilan saat berkendara melewati berbagai medan jalanan, serta membantu daya cengkraman ke aspal saat pengereman.

Perawatan ban dapat dilakukan secara sederhana dan mudah. Dengan perawatan yang ban sepeda motor yang rutin, kita dapat menjaga kenyamanan serta performa dari sepeda motor itu sendiri. Inilah cara merawat ban sepeda motor sendiri agar awet.

BACA JUGA:

Memeriksa tampilan luar ban

Jka terdapat keretakan, sobek, kerusakan karena benda asing, atau bergelombang segera lakukan pergantian ban ke bengkel resmi.

Memeriksa usia ban

Pada umumnya usia ban dapat mencapai lima tahun, tetapi pengendara tetap harus memperhatikan kondisi ban. Apalagi jika pengendara aktif dan rutin menggunakan sepeda motor, serta banyak melewati jalan yang tidak rata.

Selain memastikan tampilan luar ban bebas dari keretakan, pengendara dapat melihat umur ban dari kode produksi yang terdapat pada bagian samping ban sepeda motor.

Memeriksa ketebalan alur ban

Ban mempunyai indikator untuk menunjukkan keausan alur ban dengan penanda segitiga pada dinsing samping ban. Jika salah satu indikator keausan terlihat di permukaan, maka alur ban hampir tidak dapat berfungsi drainase dalam cuaca  hujan. Dalam hal ini, pastikan untuk mengganti ban.

Pastikan tekanan angin ban sesuai standar

Memeriksa tekanan ban dapat dilakukan dalam kondisi dingin dengan menggunakan alat cek tekanan ban (tire pressure gauge). Pastikan tekanan angina ban sesuai ukuran dan tipe sepeda motor yang terdapat pada buku panduan pemilik yang disertakan dalam buku pembelian.

Menggunakan ban sesuai standar

Gunakan ban sesuai rekomendasi pabrikan untuk menghindari penurunan performa sepeda motor yang dapat menimbulkan risiko berkendara.

Pastikan bawa beban sesuai kapasitas ban

Periksa kapasitas muatan ban sepeda motor sebelum berkendara, mencegah terjadinya kelebihan muatan yang menimbulkan risiko bahaya saat berkendara. Pengendara dapat melihat kapasitas muatan pada ban sepeda motor melebihi 3 digit angka setelah ukuran ban.

Enam cara mudah tersebut dapat dilakukan  untuk menjaga agar ban sepeda motor tetap awet. Yuk, mulai peduli pada ban sepeda motor kita sendiri!

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat, dan teman-temanmu!




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*