Setiap 20 Maret Dirayakan Sebagai Hari Dongeng Sedunia, Ternyata Berawal dari Swedia

Ilustrasi: Mendongeng. (Ist.)
Ilustrasi: Mendongeng. (Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Saban 20 Maret, dunia merayakan Hari Dongeng Sedunia atau World Storytelling Day. Walaupun biasanya setiap negara memiliki Hari Dongeng sendiri-sendiri.

Sejarah Hari Dongeng Sedunia bermula dari peringatan Hari Mendongeng Nasional di Swedia yang dimulai pada 1991. Di Swedia, hari itu disebut “Alla berättares dag” atau diterjemahkan menjadi Hari Semua Pendongeng.

BACA JUGA:

Pada tahun 1997, para pendongeng di Australia juga merayakan cerita atau dongeng selama lima minggu. Hari itu dikenal sebagai Hari Narator Lisan Internasional (International Day of Oral Narrators).

Pada tahun yang sama, Meksiko dan negara-negara Amerika Latin juga turut merayakan Hari Pendongeng Nasional sendiri.

Dan pada 2002, negara-negara di kawasan Skandinavia membuat jaringan web penceritaan yang disebut Ratatosk. Melalui jejaring itu hari nasional untuk mendongeng menyebar dari Swedia ke Norwegia, Denmark, Finlandia, dan Estonia.

Satu tahun berselang, gagasan hari mendongeng sedunia menyebar ke negara lain. Kini, Hari Dongeng Sedunia dirayakan di seluruh dunia, meskipun di beberapa negara memiliki Hari Dongeng sendiri.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*