Jangan Risau! Ini Hal Positif yang Didapat Bila Memutuskan Cuti Kuliah

Belajar
Belajar di perpusatakaan (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Cuti kuliah kerap dianggap sebagai hal yang negatif. Banyak yang beranggapan bahwa cuti kuliah merupakan aktivitas yang hanya membuang-buang waktu saja dan dapat membuat kelulusan kita mundur atau molor.

Padahal, cuti merupakan hal yang dapat membantu mahasiswa untuk meningkatkan kualitas diri. Hal itu bakal terjadi jika saat cuti kita benar-benar berusaha memanfaatkan waktu cuti tersebut dengan baik.

BACA JUGA:

Ada beberapa hal positif yang bisa didapatkan bila kita memutuskan cuti kuliah. Bila kamu ada rencana cuti kuliah, simak ya!

Punya waktu untuk meningkatkan skill

Saat mengambil cuti, kamu pasti akan mendapatkan waktu luang yang lebih banyak. Hal ini dapat kamu manfaatkan dengan baik sebab bisa memberikan banyak peluang  di masa depan yang persaingan kerjanya makin ketat.

Jika kita belum memiliki skill yang mumpuni, kita bisa susah mendapatkan pekerjaan. Oleh karena itu, jika ingin mengambil cuti, kita bisa menggunakan momen tersebut untuk meningkatkan skill. Terdapat banyak pelatihan atau magang yang dapat dijadikan pengalaman kelaknya.

Memperbaiki kemampuan bersosial

Cuti kuliah selain bermanfaat bagi diri sendiri tentu juga bermanfaat bagi orang lain. Karena kamu akan memiliki wakru yang cukup banyak untuk orang-orang baru. Terkadang, hal seperti ini jarang kamu lakukan jika disibukkan dengan agenda kuliah.

Masa cuti kuliah merupakan waktu yang sangat tepat untuk bergaul denganbanyak orang. Kamu bisa mulai memperbaiki hubungan dengan teman-teman. Dengan cara ini kemampuan bersosialisasi kita juga akan ikut terasah.

Kesempatan mencari peruntungan lain dalam hidup

Cuti kuliah juga dapat dimanfaatkan untuk melakuka banyak hal yang bermanfaat. Selain mengembangkan diri, kita juga bisa berkesempatan untuk mendapatkan pekerjaan yang berbeda dengan fokus studi.

Bisa mengikuti berbagai macam volunteer untuk mengasah softskill

Selain menambah skill, waktu cuti kuliah juga dapat kamu manfaatkan untuk menjadi volunteer. Meskipun tidak dibayar, tetapi kita bisa mendapatkan banyak pengalaman dari sana. Salah satunya adalah kamu bakal menemukan banyak teman baru yang sefrekuensi denganmu.

Selain menambah relasi, kamu nantinya juga akan mendapatkan pengalaman serta softskil seperti kemampuan memimpin sebuah proyek, memanej organisasai, dan lain sebagainya.

Bisa menyiapkan mental lebih kuat untuk semester berikutnya

Kamu bisan menjadi sosok yang lebih bijaksana dalam menjalani kehidupan saat mengambil cuti kuliah. Hal semacam ini pasti didapat jika kamu mengikuti berbagai macam kegiatan bermandaat selama cuti. Alhasil, kamu pun bakal punya mental lebih kuat untuk menghadapi semester ke depannya.

Dengan demikian semangat kuliahmu pun akan balik lagi sehingga nantinya akan menguntungkan diri sendiri. Oleh karena itu, jika ingin mengambil cuti kuliah, usahakan  untuk menyeimbangkan keputusan terhadap konsekuensi yang kamu ambil agar tidak merugi.

Itulah lima hal baik yang bisa kamu dapatkan selama cuti kuliah. Pastikan kamu paham benar-benar alasan dan apa yang akan kamulakukan selama cuti kuliah, agar jangan sampai salah saat mengambil keputusan.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan share pada saudara, sahabat dan teman-temanmu!




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*