Mengulik Kelas Internasional, Kuliah di Indonesia Sekaligus Luar Negeri

Ilustrasi: Persiapan Kuliah ke Luar Negeri
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Kuliah di luar negeri menjadi idaman banyak mahasiswa. Namun, kuliah yang dekat dengan rumah juga pasti akan sangat nyaman bagi kita, kan. Bagaimana kalau bisa mengambil studi di dalam negeri sekaligus kuliah di luar negeri? Seru kali, ya!

Beberapa perguruan tinggi telah memiliki program jalur kelas internasional, yang mahasiswanya akan merasakan belajar di dalam negeri, kemudian di luar negeri. Kuliah seperti ini sangat menguntungkan, daripada full berkuliah di luar negeri atau hanya belajar di dalam negeri. Inilah keunggulan kelas Internasional yang harus kita kepoin.

BACA JUGA:

Bisa merasakan kuliah di dua tempat berbeda

Pastikan pengalamanmu akan makin banyak. Mengalami hidup di masyarakat dengan kultur yang berbeda, memiliki teman kuliah yang beragam, dan berbagai variasi perkuliahan.

Di satu sisi, kamu bisa menambahkan nilai dan isu lokal dalam studimu. Sementara di negara lain, kamu mendapatkan sudut pandang yang berbeda serta ide dan pengetahuan yang baru.

Biaya lebih hemat

Biaya kuliah dan hidup di luar negeri jelas tidak murah. Namun, kamu bisa berhemat dengan menjalani tahun pertama di Indonesia. Ini bisa dipakai sebagai kesempatan untuk menabung duluu sebelum berangkat ke luar negeri.

Ada fase adaptasi

Lulus dari SMA dan masuk ke dunia kuliah memerlukan banyak adaptasi, apalagi bila lanjut studi ke luar negeri. Wah, pasti ada tantangan yang double.

Mahasiswa yang memilih kelas internasional jelas akan lebih terbantu untuk beradaptasi dengan situasi yang bertahap. Pertama, adaptasi dengan kehidupan perkuliahan di dalam negeri selama 1 tahun. Setelah lebih siap, baru deh lanjut ke luar negeri.

Lebih mudah dikompromikan dengan orangtua

Tidak mudah meyakinkan orangtua untuk melepas anak kesayangan mereka ke luar negeri. Rasa kangen dan khawatir akan bercampur menjadi satu. Kelas internasional merupakan salah satu bentuk kompromi dengan orangtua.

Orangtua lebih mudah memberikan izin, karena masa studi di luar negeri yang tidak terlalu lama. Dan ada waktu sampai kita lebih dewasa dan lebih siap untuk dilepas.

Relevan dengan apa yang terjadi di dalam negeri

Kelemahan studi di luar negeri adalah kita jadi berjarak dengan apa yang terjadi di dalam negeri. Agak sulit untuk mendapat perspektif masyarakat Indonesia dalam studi yang kita ambil. Dengan program internasional, kita bisa tetap relevan dengan apa yang terjadi di Indonesia, tetapi juga mendapatkan pengalaman dan ilmu internasional.

Wawasan makin luas

Kuliah di dua negara yang berbeda, dengan pengajar berbeda, rekan kuliah berbeda, dan lingkungan berbeda akan memberikan kita banyak pengetahuan dan ilmu. Hal ini akan membuat kita memiliki wawasan yang lebih luas.

Bahasa asing bagus

Keuntungan lain dari belajar di luar negeri adalah kemampuan berbahasa asing kita akan meningkat. Kita akan lebih mudah menguasai bahasa Inggris apabila berada di lingkungan berbahasa Inggris.

Peluang karier lebih baik

Dengan mengikuti kuliah kelas internasional, kita bisa mendapatkan kesempatan bekerja lebih bagus. Kita bisa melamar pekerjaan di dalam atau di luar negeri.

Status sebagai lulusan kelas internasional juga akan menguntungkanmu saat melamar pekerjaan. Segala keuntungan yang diperoleh akan membuatmu lebih unggul daripada pesaing.

Itulah keunggulan mengikuti kelas internasional yang dapat kamu jadikan pertimbangan. Pastikan pilihan perguruan tinggi yang tepat dan kampus memiliki jaringan yang baik dengan kampus di luar negeri.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat, dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*