Siapkan Ini Agar Tidak Gagal! 7 Pertanyaan Umum Wawancara Beasiswa

Ilustrasi Beasiswa (KalderaNews.com/Ist)
Ilustrasi Beasiswa (KalderaNews.com/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Meraih beasiswa memang menjadi dambaan banyak mahasiswa. Salah satu tahapan yang umum menjadi penentu kelulusan sebuah program beasiswa adalah tahapan wawancara. Tahapan ini kerap menjadi momok tersendiri bari para pencari beasiswa.

Inilah 7 pertanyaan umum wawancara beasiswa yang harus kamu tahu dan kamu siapkan jawaban tepatnya. Simak, yuk!

BACA JUGA:

Ceritakan tentang dirimu

Pewawancara seringkali mengubah atau melakukan parafrasa pada pertanyaan ini dalam sejuta bentuk – misalnya menanyakan kamu orang yang seperti apa, kekurangan serta kelebihanmu, dan sebagainya.

Namun, apa pun pertanyaannya, kunci dari pertanyaan ini tetap sama yaitu: kamu harus memanfaatkan pertanyaan ini untuk menjelaskan hal-hal yang tidak kamu cantumkan dalam CV dan essay – sekaligus menonjolkan keunikan positif diri kamu.

Setelah dapat beasiswa dan lulus, apa yang akan kamu lakukan?

Melalui pertanyaan wawancara beasiswa yang satu ini, pewawancara sebenarnya ingin mengetahui apa kontribusi yang akan kamu berikan kepada lingkungan di sekitarmu. Misalnya, apa yang akan kamu berikan ke masyarakat dan negara, apa yang akan kamu lakukan setelah lulus, dan bagaimana cara kamu dapat membuat kontribusi tersebut.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*