Dear Siswa Kelas 12, Pahami Skema Pendaftaran KIP Kuliah Merdeka 2022 dan Informasi Pentingnya Ini

Ilustrasi: Kartu Indonesia Pintar KIP Kuliah. (Ist.)
Ilustrasi: Kartu Indonesia Pintar KIP Kuliah. (Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Pembukaan pendaftaran Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah Merdeka 2022 dibuka secara resmi pada Rabu, 2 Februari 2022 secara live streaming. Pembukaan pendaftaran beasiswa yang dulunya bernama Bidik Misi ini telah banyak dinanti oleh para siswa kelas 12.

Selain nama, beberapa hal mendasar yang berubah pada skema KIP Kuliah baru tahun 2021 dari sebelumnya adalah anggaran yang dikucurkan sebesar Rp2,5 triliun, dengan biaya pendidikan yang disesuakn dengan program studi yang ada yakni untuk Prodi berakreditasi A maksimal Rp12 juta, berakreditasi B maksimal Rp4 juta, dan prodi berakreditasi C maksimal Rp2,4 juta.

BACA JUGA:

Tidak hanya itu, biaya hidup yang diberikan pada setiap penerima dibagi menjadi lima klaster daerah dengan ketentuan klaster 1 menerima Rp 800.000, klaster 2 sebesar Rp950.000, klaster 3 sebesar Rp1.100.000, klaster 4 sebesar Rp1.250.000, dan klaster 5 sebesar Rp1.400.000.

Inilah Skema Alur tahapan pendaftaran KIP Kuliah 2022 untuk PTN

Pendaftaran

Siswa melakuan pendaftarabb secara mandiri di sistem online KIP-Kuliah di laman kip-kuliah.kemdikbud.go.id atau melalui KIP-Kuliah mobile appas yang dapat diunduh di Play Store.

NIK, ISN, NPSN

Pada saat pendaftaran, siswa harus memasukkan NIK, NISN, NIPSN dan alamat email yang aktif.

Validasi

Sistem KIP-Kuliah selanjutnya akan melakukan validasi NIK, NISN, dan NIPSN ke Dapodik, KemendikbudRistek.

Kode Akses

Jika proses validasi berhasil, sistem KIP-Kuliah selanjutnya akan mengirimkan Nomor Pendaftaran dan Kode Akses ke alamat email yang didaftarkan.

Finalisasi

Siswa melengkapi berkas pendaftaran KIP-Kuliah dan memilik jenis seleksi yang akan diikuti (SNMPTN/SBMPTN/SNMPN/SBMPN/Mandiri).

Seleksi PT

Siswa menyelesaikan proses pendaftaran di portal atau sistem informasi sesuai jalur dipilih pada seleksi nasional atau seleksi masuk di perguruan tinggi.

Verifikasi PT

Calon penerima KIP-Kuliah yang telah diterima di PT dapat dilakukan verifikasi lebih lanjut oleh Perguruan Tinggi sebelum diusulkan sebagai calon mahasiswa penerima KIP-Kuliah.

Pada proses KIP Kuliah 2022 ini juga data yang ada sudah terintegrasi dengan Dapodik Pusdatin, PDDIKTI, DTKS Kemensos dan LTMPT lainnya. Hal yang harus diperhatikan adalah NIK, NISN, NPSN yang didaftarkan harus sama dengan yang didaftarkan di Dapodik. Untuk tahun ini, integrasi data juga terkait dengan aplikasi si Pintar dari PIP Puslabdik Kemdikbud.

Pendaftaran secara mandiri untuk seluruh jalur masuk (SNMPTN, SBMPTN, SNMPN. SBMPN dan Mandiri) dapat dilakukan melalui kip-kuliah.kemdikbud.go.id. Untuk peserta KIP-Kuliah, pendaftarannya baru bisa dilakukan H-1 sebelum tanggal nasional dan ditutup juga H-1 sebelum tanggal yang berlaku untuk nasional. Hal ini untuk memberikan waktu konfirmasi data KIP-KUliah. Tanggal-tanggal penting berikut harus diperhatikan oleh siswa kelas 12 antara lain:

  • Pendaftaran Akun siswa KIP-Kuliah dibuka tanggal 8 Februari hingga 31 Oktober 2021.
  • SNMPN dibuka tanggal 12 Februari 2021 dan ditutup 18 Maret 2021.
  • SNMPTN dibuka 14 Februari 2021 ditutup 23 Februari 2021.

Untuk peserta yang tahun lalu telah mempunyai akun dan gagal atau belum berhasil, akun yang lama masih bisa dipakai lagi.

Empat hal penting yang harus diperhatikan siswa kelas 12 atau calon pendaftar KIP-Kuliah adalah:

  • Memastikan data yang tercatat di Dapodik benar.
  • NIK yang dipakai adalah NIK milik pribadi.
  • Mendaftar dengan menggunakan alamat email yang aktif dan email pribadi.
  • Apabila terdapat kesalahan NISN atau NPSN atau NIK maka siswa harus berkoordinasi dengan pihak sekolah untuk perbaikan NISN/NPSN/NIK. Untuk siswa yang sudah lulus dapat melakukan verifikasi validasi mandiri di laman https://pd.data.kemdikbud.go.id/vervalLulusan/

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*