Ayah Bunda, Inilah Keuntungan Memilih Sekolah Untuk Anak Lebih Awal

Dana pendidikan, biaya sekolah, uang SPP, rencana dana pendidikan
Meskipun pandemi, biaya pendidikan anak tetap harus direncanakan dengan cermat. (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Pendidikan untuk anak pasti menjadi prioritas bagi semua orang tua. Orang tua pasti menginginkan sekolah yang terbaik untuk anak-anaknya. Setiap orang tua pasti mempunyai preference tersendiri untuk memilih sekolah yang terbaik untuk anak.

Namun demikian, secara umum, kriteria yang diinginkan oleh orang tua, biasanya meliputi kurikulum, fasilitas sekolah, tarif, dan jarak sekolah dengan rumah. Bila ayah dan bunda telah mempunyai kriteria tersendiri, tidak ada salahnya memilih sekolah untuk anak lebih awal.

BACA JUGA:

Memilih sekolah untuk buah hati lebih awal akan menghindarkan orang tua dari perasaan waswas karena kuota murid telah penuh. Inilah keuntungan memilih sekolah untuk anak lebih awal yang harus ayah dan bunda pahami.

Sekolah dapat menjawab beragam pertanyaan orang tua

Orang tua bisa bertanya banyak hal tentang sekolah anak, bisa mengenai sistem pendidikan yang berlaku, fasilitas yang akan didapatkan, atau kegiatan ekstrakurikuler yang ditawarkan. Pihak sekolah juga akan dengan hati menjawab dan menjelaskannya pada orang tua, sebab mereka belum sibuk mengurus pendaftaran murid baru.

Punya banyak waktu untuk membandingkan dengan sekolah lain

Dengan memilih sekolah anak lebih awal, orang tua memiliki banyak untuk mencari tahu apa yang ditawarkan sekolah lain dan membandingkannya dengan sekolah sebelumnya. Hal ini akan membuat orang tua mengetahui kelebihan dan kekurangan sebih sekolah untuk pendidikan anak.

Waktu lebih untuk berpikir dan mengambil keputusan

Setelah membandingkan sekolah-sekolah opsi tersebut, orang tua masih memiliki waktu untuk berpikir dan berdiskusi dengan anak tentang sekolah yang terbaik untuk anak dan perkembangannya, juga sesuai dengan keadaan finansial yang telah disiapkan. Orang tua pun dapat memilih dengan matang dan tidak terburu-buru.

Biaya pendaftaran lebih murah

Bila sebagai orang tua, kita sudah memilih dan menetapkan sekolah untuk anak lebih awal, bahkan jauh sebelum waktu pendaftaran skeolah dibuka, kemungkinan bisa mendapatkan potongan harga ketika membayar uang pangkal atau uang gedung pertama kali. Hal ini dapat membuat berhemat dan dapat mengalokasikan uang untuk kebutuhan anak yang lain.

Melihat beberapa keuntungan dari memilih sekolah lebih awal tersebut, sudah membuat keputusan untuk mendaftarkan anak di sekolah pilihan yang terbaik, Ayah Bunda?




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*