Mengantuk Saat Kuliah?Ini Cara Mengatasi yang Harus Diketahui Mahasiswa

Ngantuk Karena Bosan
Hormon adenosin adalah hormon yang merangsang untuk mengantuk dan akhirnya tertidur. Hormon ini adalah hormon tidur (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Mengantuk adalah hal yang wajar. Sebagai manusia, mengantuk dan tidur adalah sebuah karunia tersendiri. Namun, bagaimana bila rasa kantuk ini datang pada saat yang kurang tepat, seperti pada saat perkuliahan misalnya?

Beragam penyebab mahasiswa dapat diserang rasa kantuk saat perkuliahan. Penyebab yang umum antara lain adalah: tidur larut malam karena banyaknya tugas perkuliahan dan begadang karena menonton pertandingan bola yang seru. Penyebab ketiga adalah tidak tersedianya waktu yang cukup untuk istirahat karena sibuk bekerja atau organisasi.

BACA JUGA:

Selain tiga penyebab di atas, penyebab berikutnya adalah karena perkuliahan diselenggarakan di jam-jam sore hari. Selain itu faktor dosen yang cara mengajarnya membosankan. Atau bisa juga karena rasa lapar yang melanda membuat mahasiswa jadi mengantuk.

Agar mengantuk saat kuliah ini tidak menjadi bencana seperti dimarahin dosen atau diledek teman sekelas, simak cara mengatasinya berikut.

Cuci muka

Cara jitu satu ini banyak dipilih mahasiswa karena mudah dan cepat. Kamu tinggal minta izin ke kamar mandi dan menyiram wajahmu dengan air. Dijamin segar dan kembali melek.

Izin keluar

Bila cuci muka tidak memungkinkan misalnya, kamu dapat keluar kelas dan menghirup banyak udara segar yang mengandung oksigen. Mengantuk merupakan indikator awal otakmu kekurangan oksgien, menghirup oksigen banyak-banyak adalah solusi tercepat.

Ngobrol dengan teman sebelah

Ajak teman yang duduk di sebelahmu ngobrol. Bisa hal-hal yang lucu sebagai topiknya. Namun, jangan terlalu kencang volumennya agar tidak mengganggu teman lain dan jangan sampai ketahuan dosen.

Minta dikejutkan

Bila ngobrol merupakan tindakan yang berisiko mengganggu perkuliahan atau risiko dimarahi dosen, kamu dapat meminta salah satu temanmu untuk mengejutkan seperti mencubitmu. Pastikan cubitannya cukup membuatmu terbangun dan tidak sampai membuatmu berteriak.

Makan cemilan atau permen karet

Makan permen atau cemilan jugaterbukti dapat mengusir kantuk. Atau kamu juga dapat mencoba mengunyah permen karet. Pastikan dosen tidak mengetahui hal ini, karena beberapa dosen membuat aturan melarang mahasiswa makan di kelas.

Mendengarkan musik

Cara ini cukup berisiko. Pastikan kamu menggunakan handsfree yang tidak terlihat oleh dosen. Posisi duduk di tengah atau di belakang dapat menjadi pilihan bila kamu suka mendengarkan musik saat perkuliahan untuk menghilangkan kantuk ini.

Duduk di bagian belakang

Posisi duduk di belakang dapat kamu pilih bila kamu merasa akan mengantuk saat perkuliahan hari ini. sehingga bila kamu ternyata tertidur, posisimu aman dari jangkauan dosen.

Dari sekian cara di atas kamu dapat memilih sesuai dengan kondisi kelas dan dosenmu, ya. Namun, baiknya kamu dapat mengenali penyebab tersering mengantuk saat kulah terjadi dan mulai mencari solusi seperti misalnya mengatur kegiatanmu.

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*