Perbedaan Jurusan Desain Grafis dan Desain Produk yang Harus Dikenali Sebelum Daftar Kuliah

Tugas kuliah
Ilustrasi: mengerjakan tugas kuliah desain. (doc. KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Jurusan Desain memang sedang naik daun. Dengan makin berkembangnya teknologi, pekerjaan yang berkaitan dengan desain tidak hanya dapat dikerjakan secara luring melainkan secara daring juga. Jurusan Desain in luas sekali peluang pekerjaannya.

Sekilas  nama jurusan desain memang mirip. Hal ini kadang membingungkan pelajar SMA dan SMK yang ingin melanjutkan kuliah selepas SMA. Agar tidak bingung dalam memilih jurusan terkait dengan desain, inilah perbedaan antara Jurusan Desain Grafis dan Desain Produk yang harus dipahami sebelum daftar.

BACA JUGA:

Jurusan Desain Grafis

Jurusan Desain Grafis merupakan jurusan yang memberimu kesempatan untuk belajar seluruh pengetahuan dan kemampuan untuk mempelajari penyampaian pesan sebagai komunikasi dengan mengunakan elemen visual serta rupa. Di jurusan ini juga kamu akan belajar mengolah pesan secara komunikatif serta efektif dengan tampilan sekreatif mungkin agar dapat mencapai tujuan.

Dengan penjelasan di atas, jurusan Desain Grafis ini di beberapa kampus, jurusan ini disebut sebagai Jurusan Desain Komunikasi Visual. Bentuk, warna, huruf, hingga hal berkaitan dengan visual lainnya juga akan kamu pelajari saat kuliah di jurusan ini.

Peluang kerja lulusan jurusan Desain Grafis sangat luas, terutama dalam industri kreatif. Kamu akan mendapatkan untuk memilih bekerja secara freelance, di agensi, maupun perusahaan. Selain itu kamu juga dapat membangun karier sebagai pengembang gim atau bekeja di stasiun TV dan perusahaan film.

Jurusan Desain Produk

Jurusan Desain Produk merupakan  salah satu program studi yang mempelajari tata cara desain yang menarik dan keren untuk suatu produk. Di jurusan ini, inovasi merupakan hal yang dituntut. Karena pada program studi ini memfasilitasi mahasiswa untuk membuat produk yang nyaman digunakan, indah dipandang, dan mempunyai nilai ekonomis.

Di jurusan ini terdapat beberapa plihan keilmuan seperti Desain Produk Pelaratan & Produk Konsumen. Desain Sarana /Perkakas Lingkungan, Desain Alat Transportasi, Desain Digtal, dan Desaian Kerajinan. Pilihan kelimuan ini kelak akan sangat berhubungan dengan kehidupan manusia dan terkait bidang pekerjaan.

Prospek kerja dari lulusan ini dapat bekerja di manapun, terutama di industri maupun lembaga-lembaga serta unit-unit usaha yang membutuhkan kegiatan inovasi produk. Terdapat tiga kategori prospek bidang keprofesian dari lulusan jurusan desain produk yakni industrial designer (desainaer yang bekerja secara teamwork dan lintas disiplin dalam suatu litbang indstri), industrial design entrepreneur (wirausahawan desain yang diharapkan dapat menciptakan lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat luas), dan industrial design researcher (peneliti, konsultan ahli di bidang desain produk industri).

Dari kedua penjelasan tentang jurusan Desain Grafis dan jurusan Desain Produk tersebut di atas, gambaran proses perkuliahan dan peluang kerjanya telah jelas. Dengan deskripsi tersebut, pastikan kamu tidak salah pilih jurusan, ya.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*