Tip Persiapan Lulus Kuliah Untuk Mahasiswa Agar Cepat Dapat Kerja

Wisuda merupakan tahap seorang mahasiswa sudah memiliki pola pikir ilmiah (KalderaNews/Ist)
Wisuda merupakan tahap seorang mahasiswa sudah memiliki pola pikir ilmiah (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Saat sedang kuliah kita pasti semangat agar dapat segera lulus. Saat sedang mengerjakan tugas akhir pun kita juga semangat agar lekas lulus, yudusium, lalu wisuda. Namun, apakah kita telah benar-benar siap lulus dari kuliah dan masuk ke dunia kerja?

Lulus tepat waktu dan segera mendapatkan pekerjaan setelah lulus merupakan idaman setiap mahasiswa. Sayangnya, tidak semua keinginan kita berlangsung semulus itu. Kenyataan kerap menghampiri para lulusan baru atau fresh graduate dalam bentuk waktu tunggu yang relatif tidak sebentar untuk mendapatkan pekerjaan idaman.

BACA JUGA:

Untuk itu, sebelum benar-benar ‘lepas’ dari dunia kampus dan masuk ke area dunia kerja, ada baiknya kamu mempersiapan diri dengan baik sejak sebelum lulus. Inilah persiapan lulus kuliah untuk agar cepat dapat kerja. Mahasiswa tingkat akhir wajib tahu!

Tanyakan: kamu ingin kerja apa?

Lulus cepat dan segera dapat kerja memang impian, tetapi apakah kamu sudah tahu dengan persis apa pekerjaan idamanmu? Pekerjaan ynag tidak spesifik membuat banyak fresh graduate bingung dalam menentukan pekerjaan. Padahal kebanyakan lowongan kerja bersifat spesifik, misalnya desainer web hingga desainer grafis. Maka, sangat penting untuk mengetahui detail pekerjaan yang kamu inginkan. Tentukan mau kerja apa dan sebagai apa .

Buat akun di job portal

Job portal telah banyak saat ini, seperti Jobstreet, karir.com, LinkedIn, Glints, hiretoday.com, JobsDB.com, dan lain-lain. Semuanya dapat kamu akses dengan menggunakan internet. Kamu tidak perlu lagi melotot melihat iklan baris di koran. Pastikan kamu tahu posisi dan pekerjaan apa yang kamu inginkan.

Kumpulkan keterampilan bersertifikat

Bila tugas akhir telah hampir selesai atau bahkan menunggu masa yudisium, kamu dapat mengisi waktu luangmu dengan mengikuti berbagai pelatihan bersertifikat yang dapat mendukung keilmuan dan keterampilan yang kamu miliki. Hal ini dapat lebih memperkaya curriculum vitae-mu kelak.

Buat CV yang menarik dan portfolio

Menyusun CV tidak harus menunggu lulus kuliah. Kamu dapat mulai menyusunnya sejak sekarang. Kumpulkan portofolio dan susunlah CV agar saat lulus kamu tidak terburu-buru dan CV-mu tidak terkesan apa adanya.

Selain tampilan CV yang menarik, pastikan ‘isi’ dari CV-mu juga sesuai dengan kebutuhan penyedia lapangan kerja. Tetap simak www.kalderanews.com untuk tip dan panduan membuat CV dan mencari pekerjaan sesuai dengan cita-citamu.

Latihan interview

Hal ini juga cukup penting dilakukan sejak sebelum lulus, agar kamu sudah luwes interview saat lamaran pekerjaanmu telah diterima. Kamu perlu melatih diri dan membiasakan agar tidak canggung saat berhadapan dengan HRD. Kamu dapat berlatih dengan temanmu yang juga sama-sama mempersiapkan diri untuk lulus kuliah.

Personal branding matters

Seandal apapun kemampuan yang kamu miliki, rasanya akan kurang sempurna bila kamu tidak membangunnya melalui media sosial. Jangan terlambat membangun personal branding melalui media sosial. Sebab, zaman now, HRD juga akan memeriksa media sosial para pelamar yang masuk. Meskipun bukan yang utama, personal branding ini perlu dibangun sejak sebelum lulus, bahkan sejak masih aktif menjadi mahasiswa.

Itulah
persiapan lulus kuliah yang dapat kamu lakukan agar kamu makin siap masuk ke dunia kerja dan tidak canggung berhadapan dengan HRD. Bila kamu telah siap lulus kuliah, kamu pasti akan makin percaya diri mengirimkan lamaran kerja. Sukses ya, buat kamu!

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu!




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*