Inilah Manfaat Magang, Mahasiswa Tingkat Akhir Wajib Tahu

Ilustrasi magang daring (KalderaNews/Ist).
Ilustrasi magang daring (KalderaNews/Ist).
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Magang merupakan pilihan mahasiswa untuk mengisi berbagai kegiatan demi menunjang karier. Pihak Universitas juga memberikan kesempatan seluas-luasnya untuk mahasiswa agar bisa magang dan memperoleh pengalaman berharga.

Magang juga dapat dikatakan sebagai sarana buat mahasiswa memasuki dunia kerja kelak. Meskipun kuliah dan organisasi sudah sangat menyita waktu, tetapi bila ada kesempatan magang kamu dapat pergunakan kesempatan itu dengan baik. Inilah manfaat magang yang harus kamu pahami.

BACA JUGA:

Magang bukan menjadi gaji

Manfaat yang pertama yang bisa kamu dapatkan adalah sebuah persepsi bahwa gaji tidak selamanya dapat membeli ilmu. Gaji tinggi tetapi minin pengalaman juga tidak akan berguna bagi kariermu. Dengan magang ini kamu akan mendapat banyak pengalaman yang nanti juga dapat mendukungmu mendapatkan gaji yang bagus.

Pengalaman berharga

Magang memberikan pengalaman yang tiada duanya. Tidak hanya megetahui bagaimana kebiasaan dunia kerja, tetapi magang juga membiarkanmu untuk mengetahui seperti apa aplikasi teori dalam kuliah terhadap praktik sesungguhnya.

Meningkatkan profesionalisme

Dunia kerja sangat menjunjung tinggi profesionalitas. Jika kamu magang, maka dengan sendirinya sikap professional akan terbentuk dan terasah sehingga saat nanti terjun ke dunia kerja sesungguhnya, kamu tidak perlu bingung atau takut.

Menambah networking

Magang memberimu kesempatan menambah relasi, koneksi dan ini merupakan kunci sukses masa depan.

Meningkatkan pengetahuan

Magang tidak hanya berisi praktik, tetapi juga berisi pembelajaran berharga.  Oleh sebab itu, dengan magang kamu akan menambah dan memperluas pengetahuan.

Mengasah bakat interaksi.

Magang membuatmu melatih bakat untuk berinteraksi dengan banyak orang dan juga mereka yang tadinya tidak begitu akrab. Jiwa sosialmu juga makin terlatih sehingga kamu akan lebih berani dan percaya diri.

Menguji kemampuan

Selain pembelajaran, magang juga bisa menjadi lahan untukmu menguji skill dan kemampuan yang selama ini tidak kamu asah. Cobalah untuk eksplore dan berekspresi agar tercipta ide kreatif selama magang agar meninggalkan kesan yang baik dan menyenangkan.

Meningkatkan citra kampus

Magang tidak hanya akan berdampak pada mahasiswa, melainkan berimbas baik jug apada kampus. Oleh karenanya, lakukan magang sebaik mungkin agar tidak namamu saja yang terkenang, tetapi juga kampusmu.

Punya sertifikat

Setelah magang, kamu akan mendapatkan sertifikat. Dan sertifikat magang ini memiliki nilai tersendiri. Jila kamu memiliki sertifikat magang ini, dijamin kamu tidak akan begitu sulit mencari kerja. Sebab para pimpinan ini tidak akan ragu dengan keterampilan yang kamu miliki dan juga percaya bahwa kamu akan berkontribusi dengan baik.

Menghindari kebosanan di kampus

Manfaat magang yang terakhir dapat juga dijadikan pelarian positif dari kebosanan dengan rutinitas dunia kampus. Mengusir kebosanan dan mendapat banyak manfaat untuk masa depan, siapa yang bisa menolak?

Itulah sepuluh manfaat magang yang biasanya akan kamu alami saat menjelang tingkat akhir. Jangan lupa untuk mencari tempat magang yang sesuai dengan jurusan dan kebutuhanmu, ya. Semangat, yuk!

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*