Bingung Skripsi Sambil Kerja? Simak 4 Tip Ini Agar Lancar Keduanya

Ilustrasi: Kuliah sambil bekerja. (Ist.)
Ilustrasi: Kuliah sambil bekerja. (Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Pasti banyak mahasiswa tingkat akhir yang sudah ‘gatal’ ingin segera lulus dan bekerja tetapi malah sudah mulai bekerja sebelum wisuda. Memang seru bila saat menjadi mahasiswa sudah mendapatkan pekerjaan dan penghasilan sendiri.

Namun, kesibukan bekerja jangan sampai membuatmu lalai dan melupakan skripsi. Skripsi harus segera selesai, dan pekerjaan juga tidak tertbengkalai. Gimana caranya? Simak empat tip berikut ini.

BACA JUGA:

Buat prioritas

Ini merupakan tip pertama bila kamu berada di situasi bekerja sambil harus mengerjakan skripsi. Mengatur skala prioritas ini berarti kamu harus memahami mana yang urgent dan mendesak untuk segera dikerjakan. Bila deadline bimbingan skripsi lebih dekat dan sifatnya urgent, kerjakanlah terlebih dahulu, demikian juga sebaliknya.

Beberapa cara untuk mengatur skala prioritas dapat menggunakan list pertanyaan berikut ini:

  • Penting dan mendesak
  • Penting dan tidak mendesak
  • Mendesak tetapi tidak penting
  • Tidak penting dan tidak mendesak

Sebaiknya kamu mengisi dan menulis jadwal sesuai dengan urutan skala prioritas tersebut di atas.

Fokus

Tip kedua saat sudah menyentuh skripsi adalah fokus. Usahakan fokus dan tidak memikirkan pekerjaan saat sedang mengerjakan skripsi. Inilah gunaknya mengatur skla prioritas pada tip pertama tadi. Selain fokus, ada beberapa hal yang dapat diterapkan untuk mempermudah kamu dalam dalam mengerjakan skripsi, yakni:

  • Rajin membaca buku atau jurnal sebagai literatur
  • Berdiskusi dengan teman yang memiliki topik penelitian sama
  • Mengerjakan skripsi sedikit demi sedikit
  • Bila lelah, rehat sebentar dan lanjutkan lagi.

Cicil pekerjaan

Bila terdapat deadline yang bersamaan antara pekerjaan dan bimbingan skripsi, hal ini tentu akan bikin pusing. Lebih baik kerjakan dahulu dari jauh hari mana yang dapat diselesaikan lebih awal agar kamu lebih tenang. Bila ada pekerjaan dari atasan yang menuntutmu harus dikerjakan lebih awal, baiknya cicil dulu pekerjaan tersebut agar tidak menumpuk.

Bagi waktu

Kunci dari mengerjakan skripsi sambil bekerja adalah harus pintar-pintar mengatur dan membagi waktu. Misalnya kamu bisa membagi waktu dengan bekerja dan malamnya kamu dapat mengerjakan skripsi. Dengan membagi waktu ini kamu juga harus memperhatikan tenaga, dan jangan sampai waktu serta tenagamu berat sebelah dan satu hal lain terbengkalai.

Kamu dapat menggunakan Google Calendar untuk mengingatkan dan membagi waktu agar lebih mudah dan tetap up to date dalam setiap proses pengerjaannya dan lebih teratur.

Wahai para mahasiswa tingkat akhir, yuk makin semangat dengan empat tip yang mudah diaplikasikan tersebut di atas dan segera kejar gelar impianmu itu. Semangat cari cuan dan gelar, ya!

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu!




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*