Kenali Nama Sungaimu! Cintai Lingkunganmu

Mahasiswa Universitas Pembangunan Jaya (UPJ): Prodi Teknik Sipil UPJ merupakan salah satu peluang bagi kaum muda mendalami perencanaan SDA wilayah sungai
Mahasiswa Universitas Pembangunan Jaya (UPJ): Prodi Teknik Sipil UPJ merupakan salah satu peluang bagi kaum muda mendalami perencanaan SDA wilayah sungai (KalderaNews/Dok.UPJ)
Sharing for Empowerment

TANGERANG, KalderaNews.com – Bicara tentang perencanaan kawasan urban, berarti memikirkan pula perencanaan sumber daya air (SDA) terutama wilayah sungai. Ketika kita bicara tentang Jakarta, misalnya, ada lima wilayah sungai: Ciujung, Cidurian, Cisadane, Ciliwung, Citarum yang melingkupi kota Jakarta.

Dari lima SDA itulah, warga Jakarta menjalani kehidupannya, mendapatkan sumber ekonomi, dan menjaga lingkungannya. Air tanah sudah sangat tersedot untuk kehidupan warga Jakarta sehingga permukaan tanah menurun; selain akibat dari beban bangunan juga. Akibatnya, air asin masuk ke daratan. Jika kita membuat perencanaan SDA memang perlu memperhatikan perkembangan kelima wilayah sungai ini.

Pengelolaan SDA wilayah sungai juga bukan persoalan pemerintah saja, diperlukan koordinasi antar organisasi dan partisipasi masyarakat. Di dunia, telah tersedia Glowal Water Partnership (https://www.gwp.org/) yang konsisten berjejaring dengan 179 negara dalam pengelolaan SDA. GWP juga berjejaring dengan organisasi masyarakat serta menjadi pusat pengetahuan bagi masyarakat mengenai pengelolaan air.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*