TIK Kurang Memadai Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) Jenjang SD Diperlonggar

Broto Sugondo saat menjemput siswa sekolah di SD Kenteng II Ponjong, Gunungkidul. (KalderaNews.com/Ist.)
Broto Sugondo saat menjemput siswa sekolah di SD Kenteng II Ponjong, Gunungkidul. (KalderaNews.com/Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) Jenjang Sekolah Dasar (SD) diperlonggar dengan beberapa penyesuaian. Peneliti dari Pusat Asesmen dan Pembelajaran Kemendikbudristek, Dr. Rahmawati menegaskan sekolah yang tidak memiliki jumlah laptop yang cukup, ternyata tidak mudah juga menumpang ke sekolah lain, salah satunya karena jaraknya yang sangat jauh.

”Khusus bagi SD yang sarana TIK-nya kurang memadai, kami sudah merumuskan keleluasaan jadwal yang dilonggarkan menjadi 4 kali pelaksanaan dan juga bisa dilakukan 8 sesi. Artinya, SD bisa melaksanakan ANBK sampai 2 pekan alias 8 hari. Sementara kalau jadwal SMP dan SMA itu hanya 1 pekan atau hanya 4 hari,” jelas Rahmawati.

BACA JUGA:

Direncanakan, gelombang pertama pelaksanaan ANBK jenjang SD pada 8, 9, 10 dan 11 November 2021 dan gelombang kedua digelar pada 15, 16, 17 dan 18 November 2021.

Jumlah siswa yang mengikuti asesmen adalah 30 siswa dari tiap sekolah. Mereka akan dipilih secara acak. Untuk jenjang sekolah dasar, asesmen akan dilakukan terhadap kelas 5, sedangkan untuk jenjang SMP, SMA dan SMK, yang akan mengikuti AKM adalah kelas tengah atau kelas 2.

Asesmen Nasional terdiri dari Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter dan Survei Lingkungan Belajar. Asesmen Kompetensi Minimum diikuti peserta didik dengan tujuan untuk mengukur literasi membaca dan numerasi sebagai hasil belajar kognitif.

Survei Karakter diikuti peserta didik dan guru. Ini dilakukan untuk mengukur sikap kebiasaan dan nilai-nilai sebagai hasil belajar non kognitif. Sementara Survei Lingkungan Belajar diikuti kepala satuan pendidikan untuk mengukur kualitas pembelajaran dan iklim sekolah yang menunjang pembelajaran.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*