12 Agustus, Hari Orang Muda Sedunia, Inilah Sejarah dan Tema Peringatannya

Program Pertukaran Pelajar
Ilustrasi: Program Pertukaran Pelajar
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – International Youth Day atau Hari Orang Muda Sedunia diperingati setiap 12 Agustus. Peringatan Hari Orang Muda Sedunia ini ditetapkan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk dengan tujuan agar masyarakat menaruh perhatian pada isu remaja, terutama terkait budaya dan hukum.

Hari Orang Muda Internasional juga dijadikan sebagai wadah para pemuda di dunia untuk saling berbagi pengalaman dan ilmu pengetahuan.

BACA JUGA:

Hari Orang Muda Internasional adalah pertama kali baru digelar pada 12 Agustus 2000, meskipun sudah ditetapkan PBB pada tahun 1998. Peringatan ini dilatarbelakangi banyaknya negara besar di dunia yang tergabung dalam PBB merasa perlu hari khusus yang dijadikan momen merayakan hal-hal terkait remaja.

Tema International Youth Day tahun 2021 adalah “Transforming Food Systems: Youth Innovation for Human and Planetary Health”.

Tema tersebut menyoroti upaya-upaya global yang tidak akan tercapai tanpa partisipasi kaum muda. Isu dan prioritas yang disoroti adalah dampak pandemi Covid-19, terutama terkait kesehatan manusia, lingkungan, dan sistem pangan.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*