Netizen Menjerit Ingin Fokus UTBK, Ngaku Medali KSN SMA/MA Nggak Jamin Hal Ini

Peserta OSN Kebumian Tingkat SMA di Manado
Peserta OSN Kebumian Tingkat SMA di Manado (KalderaNews/psma.kemdikbud)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Kompetisi Sains Nasional (KSN) 2021 Jenjang SMA/MA yang dilaksanakan oleh Pusat Prestasi Nasional resmi diundur pelaksanaannya karena PPKM Darurat.

“Halo #SobatPrestasi jenjang SMA, terutama bagi kamu para peserta KSN tingkat provinsi! Diinformasikan kepada #SobatPrestasi karena adanya penyesuaian akibat situasi pandemi, maka terdapat PERUBAHAN JADWAL pelaksanaan KSN baik tingkat provinsi maupun nasional, yuk simak jadwalnya yang tertera pada poster ya #SobatPrestasi!” tulis akun resmi IG Pusat Prestasi Nasional.

Berdasarkan Pedoman KSN 2021, seleksi tingkat provinsi (KSN-P) akan dilaksanakan pada 2-7 Agustus 2021 akhirnya diundur menjadi 30 Agustus – 4 September 2021. Sementara itu, seleksi tingkat nasional (KSN) yang rencananya dilaksanakan 6-11 September 2021 diundur menjadi 25-30 Oktober 2021.

BACA JUGA:

Menanggapi update terbaru ini ada tanggapan unik netizen yang mengungkapkan kalau medali KSN tidak menjamin dapat masuk ke universitas yang diinginkan karena sudah banyak kasus medalis baik nasional maupun internasional tidak diterima univ lewat jalur SNMPTN.

“Kepada puspresnas dari kami yang kelas 12. Kami mohon agar tidak ditunda-tunda lagi, karena kami mau segera fokus belajar untuk utbk, apalagi medali ksn tidak menjamin kami untuk dapat masuk ke universitas yang kami inginkan (sudah banyak kasus medalis baik nasional maupun internasional tidak diterima univ lewat jalur snmptn). Kalau memang ingin menunda ksn tahun ini, tidak apa-apa (walaupun kami sangat berberat hati) asalkan jelas dan cepat menginfokannya karena sekali lagi kami ingin fokus belajar utbk. Terimakasih,” tulis @tull.uuu.

Hal senada diungkapkan @s.chindybell “Bingung mau fokus yg mana:), utbk/lomba” (selain olimp) atau ksn 😭” dan @fahsyifaa “samaaa,ksn/ksm susah diseimbangin ama materi buat persiapan utbk.”

Pelaksana Tugas Kepala Puspresnas Asep Sukmayadi melalui surat edarannya tentang Perubahan jadwal KSN-P dan KSN 2021 Jenjang SMA/MA No 1389/J3/DM.02.00/2021 tertanggal 26 Juli 2021 menegaskan dalam rangka penanggulangan penularan corona virus desease 2019 (COVID-19) Pemerintah mengeluarkan kebijakan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

Kebijakan Pemerintah tersebut didukung oleh Surat Edaran Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 11 Tahun 2021 tentang PPKM dan Pembatasan Kegiatan Bepergian Keluar Daerah Dan/Atau Cuti Selama Libur Nasional Tahun 2021 Dalam Masa Pandemi COVID-19 Bagi Pegawai di Lingkungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

“Sehubungan dengan hal tersebut di atas, Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) memandang perlu untuk melakukan perubahan jadwal pelaksanaan Kompetisi Sains Nasional Tingkat Provinsi (KSN-P) dan Kompetisi Sains Nasional (KSN) 2021 Jenjang SMA/MA,” tegasnya.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*