Kerja Sama dengan Kampus di Malaysia, UPGRIS akan Kembangkan Augmented Reality dalam Pendidikan

Ilustrasi Augmented Reality dalam dunia pendidikan
Ilustrasi: Augmented Reality dalam dunia pendidikan. (KalderaNews.com/Ist.)
Sharing for Empowerment

SEMARANG, KalderaNews.com – Augmented Reality (AR) teknologi saat ini berkembang dan diaplikasikan dalam beragam aspek kehidupan manusia, termasuk dalam pendidikan. Teknologi ini menggeneralisasikan gambar-gambar dua dimensi bahkan tiga dimensi di dunia nyata selanjutnya ditransfer ke dalam sistem di komputer.

Aplikasi dari teknologi ini misalnya dipakai dalam wisata virtual. Di masa pandemic, teknologi ini juga dapat diaplikasikan dalam dunia pendikan untuk menunjang kegiatan belajar mengajar online.

Penerapan AR dalam dunia Pendidikan ini dibahas dalam kegiatan BIMTEK Program Kampus Merdeka di Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang (UPGRIS). Dalam kegiatan ini, UPGRIS bekerja sama dengan University Teknologi Malaysia (UTM).

BACA JUGA:

Salah satu pakar AR, Khair Nurdin dari UTM mengatakan, dalam dunia pendidikan, teknologi AR dapat diterapkan untuk menghadirkan suasana kelas ke dalam komputer. Dengan cara ini, siswa dapat belajar sambil melihat suasana kelas yang ditampilkan secara tiga dimensi di dalam komputer atau smartphone.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*