Jenis Narkotika Beserta Bahayanya: Harus Dikenali Pelajar untuk Dihindari

Jenis narkotika, ganja, cimeng
Ilustrasi: Daun ganja yang mempunyai nama Latin Cannabis sativa merupakan salah satu jenis narkotika yang harus dihindari pelajar. (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Penyalahgunaaan narkotika terbukti telah banyak menganggu kehidupan masyarakat di seluruh lapisan masyarakat. Penyalahgunaan narkotika menyasar berbagai kelompok masyarakat. Setiap jenis narkotika mempunyai tanda dan gejala berbahaya masing-masing.

Narkotika sering dikenal juga dengan istilah narkoba. Narkoba merupakan akronim dari Narkotika, psikotropika, dan obat terlarang. Selain narkoba, istilah lain yang diperkenalkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia adalah Napza yang merupakan akronim dari narkotika, psikotropika, dan zat adiktif.

BACA JUGA:

Inilah jenis narkotika berserta gejala bahayanya yang harus dikenali oleh pelajar untuk dihindari.

Sabu-Sabu

Sabu-sabu merupakan nama pasaran adari Metamfetamin. Metamfetamin merupakan stimulan yang kuat dan sangat adiktif yang memengaruhi sistem saraf pusat. Metamfetamin Kristal adalah suatu bentuk obat yang tampak seperti pecahan kaca atau bebtuan putih kebiruan yang mengkilap.

Sabu-sabu merupakan narkotika yang paling sering disalahgunakan di Indonesia dibanding narkotika yang lain. Kandungan kimiawinya mirip dengan mafetamin, obat yang dipakai untuk mengobati gangguan ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder) dan gangguan tidur.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*