Kamu Tidak Lulus SBMPTN? Lakukan Saja Hal Ini

Ilustrasi: Mahasiswa baru. (KalderaNews.com/Ist.)
Ilustrasi: Mahasiswa baru. (KalderaNews.com/Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Hasil SBMPTN 2021 sudah diumumkan, tapi kamu gagal lagi. Jangan putus asa dan galau. Masih ada banyak peluang untuk meraih pendidikan tinggi.

Kamu masih bisa mengikuti Ujian Mandiri di PTN atau memilih kuliah di perguruan tinggi swasta. Masih ada banyak lagi pilihan yang bisa kamu lakukan.

BACA JUGA:

Nah, inilah 6 hal yang bisa kamu lakukan:

Mengikuti Ujian Mandiri

Ada beberapa PTN yang masih membuka seleksi mandiri penerimaan mahasiswa baru. Kalau kamu masih ingin berkuliah di PTN favoritmu, mengikuti Ujian Mandiri bisa menjadi pilihan.

Namun, untuk mengikuti jalur ini, kamu perlu memahami terlebih dahulu soal biaya kuliahnya yang kadang juga tidak sedikit.

Mendaftar di Universitas Swasta

Saat ini, banyak kampus swasta yang kualitasnya juga tidak kalah dengan PTN, bahkan ada yang lebih bagus dibanding PTN. Kampus-kampus swasta ini bahkan terkenal memiliki lulusan yang mampu berkiprah di perusahaan-perusahaan besar di dalam dan luar negeri.

Harus diingat, tidak semua perguruan tinggi swasta berbiaya mahal. Kamu hanya perlu menemukan info lengkap beberapa perguruan tinggi beserta dengan akreditasi.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*