10 Manfaat Donor Darah, Aktivitas Kemanusiaan yang Diperingati Setiap 14 Juni

Ilustrasi: Golongan darah. (KalderaNews.com/Ist.)
Ilustrasi: Golongan darah. (KalderaNews.com/Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Hari Donor Darah Sedunia yang diperingati setiap tanggal 14 Juni memang tidak banyak diketahui orang. Meskipun demikian, semua orang tahu bahwa donor darah merupakan tindakan mulia yang dapat menyelamatkan jiwa sesama.

Penetapan Hari Donor Darah Sedunia ini dilakukan oleh Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) pada tahun 2000. Tema peringatan Hari Donor Darah Sedunia tahun ini adalah “Give blood and keep the world beating”.

BACA JUGA:

Berdasarkan tema peringatan Hari Donor Darah Sedunia tahun ini, donor darah menjadi pengingat juga bahwa donor darah memberi manfaat tersendiri bagi pelakunya. Inilah manfaat donor darah bagi tubuh

Meningkatkan produksi sel darah

Saat donor darah, sel darah akan berkurang, tetapi sumsum tulang belakang akan segera memproduksi sel darah merah baru untuk menggantikan yang hilang ini. proses produksi ini akan membutuhkan waktu beberapa minggu. Proses donor darah diperlukan tubuh sebagai stimulasi pembentukan darah baru yang segar.

Menjadi deteksi penyakit serius

Proses donor darah terdapat beberapa prosedur. Salah satunya adalah deteksi HIV, sifilis, hepatitis B, hepatitis C, dan malaria. Prosedur ini penting dilakukan untuk mengantisipasi adanya penularan penyakit melalui transfusi darah. Di lain pihak, hal ini menjadi reminder bagi pendonor untuk memperhatikan kesehatannya sendiri.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*