Inilah 20 Ucapan Selamat Hari Lahir Pancasila Pengobar Semangat Persatuan Anak Bangsa

Ilustrasi: Hari Lahir Pancasila. (KalderaNews.com/Ist.)
Ilustrasi: Hari Lahir Pancasila. (KalderaNews.com/Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Setiap 1 Juni, kita bangsa Indonesia memperingati Hari Lahir Pancasila. Tanggal ini dipilih karena bertepatan dengan pidato Presiden Sukarno tentang Pancasila pada 1 Juni 1945 dalam sidang Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI).

Saat itu, Presiden Sukarno memperkenalkan 5 sila, yang terdiri dari Kebangsaan Indonesia, Internasionalisme dan Peri Kemanusiaan, Mufakat atau Demokrasi, Kesejahteraan Sosial, dan Ketuhanan Yang Maha Esa.

Lewat Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 24 Tahun 2016, pemerintah pun menetapkan 1 Juni 1945 sebagai Hari Lahir Pancasila sekaligus sebagai hari libur nasional.

BACA JUGA:

Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) mengeluarkan surat edaran untuk segenap komponen bangsa dan masyarakat Indonesia agar berkomitmen memperingati Hari Lahir Pancasila setiap tanggal 1 Juni sebagai bagian dari pengarusutamaan Pancasila dalam seluruh bidang kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Komitmen bersama segenap bangsa, negara dan masyarakat Indonesia dalam memperingati Hari Lahir Pancasila Tahun 2021 dilaksanakan dengan mempertimbangkan situasi dan kondisi kedaruratan pandemi Covid-19.

Nah, karena masih dalam masa pandemi dan untuk mengurangi penyebaran virus Covid-19, berikut ini 20 ucapan Selamat Hari Lahir Pancasila bertema pengobar semangat persatuan anak bangsa yang layak dibagikan pada anak-anak muda:

  1. Berbeda tapi tetap bersatu untuk Indonesia tangguh. Jaga kebhinekaan, jaga kerukunan, saling menghargai dan menghormati. Selamat memperingati Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2021.
  2. Walau berbeda agama, beda bahasa, beda warna kulit, tapi satu dalam jiwa Indonesia dan semangat Pancasila. Selamat Hari Lahir Pancasila 2021.
  3. Aku minta kepadamu sekalian, untuk betul-betul menganjurkan hal Pancasila ini kepada segenap rakyat agar supaya selamatlah negara kita ini. – Ir. Soekarno. Selamat Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2021.
  4. Selamat Hari Lahir Pancasila. Mari perkokoh persatuan dan kesatuan bangsa untuk Indonesia lebih baik.
  5. Selamat Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2021. Kita bangsa yang majemuk, bangkitkan rasa nasionalisme, dan kobarkan semangat patriotisme untuk Indonesia Maju.
  6. Pancasila membuat perbedaan jadi kekayaan. Pancasila merajut keragaman dan keindahan. Pancasila itu menyatukan. Selamat Hari Lahir Pancasila.
  7. Hari ini, kita mensyukuri anugerah Yang Maha Kuasa yaitu Pancasila sebagai bintang penjuru bangsa ini. Pancasila akan selalu menjadi energi pemersatu bangsa dalam keberagaman. Saat bangsa Indonesia melewati beragam ujian untuk lebih memperkokoh kekuatan daya juang kita menuju bangsa pemenang.
  8. Selamat memperingati Hari Lahir Pancasila. Mari kita abadikan semangat persatuan dan kesatuan. NKRI dengan nilai luhur bangsa kita Pancasila.
  9. Selamat Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2021. Kita bangsa yang majemuk, bangkitkan rasa nasionalisme, dan kobarkan semangat patriotisme untuk Indonesia Maju.
  10. Selamat memperingati Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2021. Semoga Indonesia semakin kuat dan kokoh di dalam Persatuan Indonesia.
  11. Selamat Memperingati Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2021. Bersama-sama wujudkan Indonesia tangguh dan berkeadilan sosial dengan selalu menanamkan nilai-nilai Pancasila dalam diri kita.
  12. Selamat memperingati Hari Lahir Pancasila 1 Juni. Jaya selalu Indonesiaku. Bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh.
  13. Hari ini, kita mensyukuri anugerah Yang Maha Kuasa yaitu Pancasila sebagai bintang penjuru bangsa ini. Pancasila akan selalu menjadi energi pemersatu bangsa dalam keberagaman. Saat bangsa Indonesia melewati beragam ujian untuk lebih memperkokoh kekuatan daya juang kita menuju bangsa pemenang.
  14. Pancasila tidak hanya dijadikan untuk hafalan semata tetapi amalkanlah nilai-nilai luhur yang ada di Pancasila. Selamat Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2021.
  15. Butir-butir Pancasila bukan hanya sekadar untuk dihafalkan oleh anak-anak. Tetapi juga perlu dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari, melalui contoh nyata oleh para orangtua, pendidik, dan tokoh masyarakat. Selamat Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2021.
  16. Selamat memperingati Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2021. Semoga Indonesia semakin kuat dan kokoh di dalam Persatuan Indonesia.
  17. Pancasila lahir menjadi simbol Negara Indonesia sebagai perwujudan dari keberagaman yang ada. Selamat Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2
  18. Selamat Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2021. Pancasila dalam tindakan, Bersatu untuk Indonesia Tangguh.
  19. Untuk bisa lahir gotong royong kita butuh Bhineka Tunggal Ika. Kesadaran bahwa kita berbeda, tapi punya maksud, cita-cita, dan visi yang sama. Selamat Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2021.
  20. Berbeda tapi tetap bersatu untuk Indonesia tangguh. Jaga kebhinekaan, jaga kerukunan, saling menghargai dan menghormati. Selamat memperingati Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2021.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat, dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*