Wow Keren! Prodi Ikom UMM Dapat Sertifikasi AUN QA

Universitas Muhammadiyah Malang UMM (KalderaNews/Ist)
Universitas Muhammadiyah Malang UMM (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Kabar membanggakan datang dari dunia pendidikan di Indonesia. Salah satu perguruan tinggi swasta beken di Kota Malang, Jawa Timur, meraih sertifikasi ASEAN University Network Quality Assurance (AUN QA).

Adalah Program Studi Ilmu Komunikasi (Prodi Ikom) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang meraih AUN QA. Dengan prestasi Prodi Ikom menjadi salah satu yang tersertifikasi secara internasional.

Rektor UMM, Dr. Fauzan menyampaikan, proses sertifikasi dimulai dengan penilaian berkas melalui self assesment report (SAR) yang dikirim ke kantor pusat AUN QA.

BACA JUGA:

Selanjutnya dilakukan visitasi yang dilakukan secara remote (daring). Asesor Profesor Rosemary Seva dari De La Saile University, Filipina dan Assistant Professor Suptcha Cheevapruk dari Mongkut’s University of Technology North Bangkok, Thailand, melakukan pemeriksaan, baik di tingkat universitas, fakultas, maupun prodi.

Lalu, selama proses vistasi, para asesor melakukan konfirmasi kepada tim SAR, pimpinan fakultas dan prodi.

Selain itu, juga dilangsungkan visitasi secara virtual ke beberapa lokasi tingkat universitas, seperti perpustakaan dan fasilitas lainnya. Kemudian juga melakukan konfirmasi kepada para staf akademik untuk memastikan apa yang disampaikan di SAR benar adanya.

Selain komunikasi, Prodi Psikologi UMM juga memperoleh kesempatan untuk divisitasi oleh AUN-QA. Sebelumnya, prodi di UMM yang telah memperoleh sertifikat AUN QA, antara lain Manajemen (FEB), Pendidikan Biologi (FKIP), dan Peternakan (FPP).

Fauzan bangga dengan raihan sertifikat AUN QA untuk Prodi Ikom. Seba itu merupakan sebuah bentuk pengakuan internasional bagi UMM. Pasalnya, UMM ingin melangkah lebih jauh untuk menjadi kampus yang memiliki jangkauan luas.

Dia menekankan, Kampus Putih sejak awal mendedikasikan diri sebagai persembahan dari Muhammadiyah untuk bangsa.

“Melalui AUN QA ini prodi-prodi di UMM diharapkan akan mempersembahkan prestasinya dan lebih percaya diri untuk berperan di tingkat internasional,” kata Fauzan.

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*