Tuntunan Salat Gerhana Bulan 26 Mei dari Kemenag, Simak Yuk

Mau Lihat Gerhana Bulan Total Karena Surat Edaran Pak Anies?
Fenomena gerhana Bulan
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNew.com – Ahli astronomi membaca akan terjadi gerhana bulan total pada 26 Mei mendatang ini. Gerhana bulan tersebut diperkirakan akan berlangsung sejak pukul 18.09 hingga 20.51 WIB. Oleh karena itu Kementerian Agama memberikan imbauan dan tuntunan salat gerhana pada masyarakat.   

Salat gerhana dalam masa pandemi ini dapat tetap dikerjakan secara berjamaah dengan menerapkan protokol kesehatan. Hal ini sesuai dengan tuntunan Nabi Muhammad yang menyebutkan bahwa umat Islam dianjurkan melakukan salat gerhana.

BACA JUGA:

Tidak hanya melakukan salat gerhana, anjuran yang lain adalah memperbanyak zikir, doa, istigfar, taubat, sedekah serta amalan kebajikan lainnya. Dengan mempertimbangkan waktu terbit bulan di masing-masing daerah, maka salat gerhana dapat dilakukan pada rentang setelah salat magrib hingga selesai gerhana.

Kementerian Agama menganjukan selama masa pandemi Covid-19 ini, salat gerhana diselenggarakan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan dan disiplin 5M: mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, mengurangi mobilitas, dan menghindari kerumunan.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*