Ternyata Begini Makna Hari Raya Waisak yang Dirayakan Umat Buddha, 26 Mei 2021

Ilustrasi: Hari Raya Waisak (KalderaNews.com/Ist)
Ilustrasi: Hari Raya Waisak (KalderaNews.com/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Rabu, 26 Mei 2021 mendatang, umat Buddha di seluruh dunia merayakan Hari Raya Waisak. Selain hari raya, Waisak juga merupakan perayaan yang diwujudkan dalam festival.

Waisak atau Vesak atau Hari Buddha merupakan salah satu festival umat Buddha yang paling penting. Hari Waisak dianggap sebagai perayaan ulang tahun Buddha. Waisak menjadi penanda kehadiran pencerahan dari seorang Buddha, ketika ia menemukan makna hidup.

BACA JUGA:

Ajaran Buddha didasarkan pada ajaran yang diberikan Siddhartha Gautama atau Sang Buddha. Buddha diyakini seorang pangeran yang dilahirkan dalam keluarga kaya di sebuah daerah yang kini disebut Nepal. Ia lahir pada abad ke-5 SM.

Siddhartha Gautama menyadari kekayaan dan kemewahan tak menjamin kebahagiaan. Maka, ia melakukan perjalanan sebagai orang suci yang tidak memiliki rumah. Hal ini dilakukannya untuk belajar lebih banyak tentang dunia hingga melihat penderitaan di dunia.

Setelah enam tahun belajar dan bermeditasi, Buddha menjadi sadar secara spiritual dan mencapai tujuan untuk menemukan makna dalam kehidupan. Selama sisa hidupnya pun Buddha mengajar tentang pengalaman spiritual tersebut.




1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*