Hari Buku Nasional, Inilah Perkembangan Buku Dari Masa ke Masa

Dalam 2 Tahun 7.000 Jurnal Harus Terakreditasi Nasional
Jurnal ilmiah di perpustakaan (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Bila pelajar dan mahasiswa tidak lepas dari yang namanya buku, maka peringatan Hari Buku Nasional tidak terlepas dari sejarah buku pertama yang ada di Indonesia. Hari Buku Nasional yang diperingati setiap tanggal 17 Mei ini berbarengan dengan peringatan ulang tahun Perpustakaan Nasional di Jakarta.

Sebelum buku cetak berubah menjadi buku dijital seperti sekarang, buku merupakan sumber informasi dan sumber ilmu pengetahuan yang dapat diakses. Pada awalnya buku tidak berbentuk seperti yang sekarang kita temui.

BACA JUGA:

Buku merupakan sekumpulan kertas atau bahan lain berisi gambar, tulisan atau tempelan yang dijilid menjadi satu di salah satu sisinya. Satu sisi dari kertas tersebut diberi nama halaman. Sebelum teknologi kertas ditemukan, buku di Indonesia menggunkaan kertas dari daun lontar yang telah ditulis lalu dijilid menjadi buku.

Daun lontar berasal dari tanaman lontar (Borasus flabellifer) atau biasa dikenal juga dengan nama daun nipah (Nipa fruticans WURMB). Jenis lontar yang dipilih untuk menuliskan naskah adalah Lontarus domestica  karena daunnya lebih lunak.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*