Ramai Tentang Pertandingan Catur, Tahukah Kamu Asal Permainan Ini?

Ilustrasi: Permainan Catur. (KalderaNews.com/Ist.)
Ilustrasi: Permainan Catur. (KalderaNews.com/Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Jagat maya sedang ramai dengan permainan atau olahraga catur. Nah, tahukah kamu asal muasal permainan catur?

Dilansir Encyclopaedia Britannica (2015), catur sudah ada pada abad ke-6 Masehi. Catur pertama kali muncul di India pada masa pemerintahan raja-raja Gupta. Pada abad ke-10, catur menyebar dari Asia ke Timur Tengah dan Eropa.

Catur dikenal sebagai permainan perang yang disebut chaturanga. Chaturanga berasal dari bahasa Sanskerta yang berarti formasi pertempuran yang disebut dalam cerita Mahabarata. Chaturanga berkembang di India pada abad ke-7 dan sebagai pendahulu awal permainan catur modern.

BACA JUGA:

Beberapa sejarawan mengatakan, chaturanga bermain dengan dadu persegi 64 kotak. Secara bertahap berubah menjadi shatranj atau bentuk lama catur. Permainan chaturanga ini juga merupakan pelopor dari permainan lainnya selain catur.

Mulai dari Persia kemudian catur mulai dikenal di seluruh penjuru dunia dan terus mengalami perkembangan dari segi permainan. Sehingga lebih menarik dan lebih seru hingga menjadikan catur sebagai permainan rekreasi paling favorit di Persia.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*