Memanen Anggur Vitis Alphonso Lovalle di Pulau Dewata Bali

Panen anggur di kebun anggur Komang Sutama di Umanyar, Kecamatan Seririt, Buleleng
Panen anggur di kebun anggur Komang Sutama di Umanyar, Kecamatan Seririt, Buleleng (KalderaNews/JS de Britto)
Sharing for Empowerment

BULELENG, KalderaNews.com – Kabupaten Buleleng adalah sentra anggur di Pulau Dewata Bali, dengan sebarannya di Kecamatan Gerokgak, Seririt dan Banjar. Pada suatu ketika di masa lalu, jelajah KalderaNews dipertemukan dengan petani anggur bernama Komang Sutama di Umanyar, Kecamatan Seririt, Buleleng dan Made Mangka di Desa Banyupoh, Gerokgak.

Ir. Rindang Dwiyani, M.Sc dari artikelnya yang berjudul “Tanah Pulau Bali dan Potensinya untuk Pertanian” menjelaskan pada dasarnya tanaman anggur cocok dan tumbuh baik di daerah dengan ketinggian 0-300 mdpl dengan suhu rata-rata 25-31°C, kelembaban udara 40-80%, curah hujan 800mm/tahun, tanah liat berpasir dengan pH 6,5-7,0. Jika dilihat dari syarat tumbuhnya maka wajar kalau anggur memang potensial diproduksi di Buleleng ini.

Ada pun anggur Bali yang banyak tumbuh di Buleleng adalah jenis anggur Vitis vinivera atau Vitis alphonso lovalle. Dra. Lilies Sukartini, MM dalam karya ilmiahnya “Terpesona oleh Flora dan Fauna di Bali” dalam Expedisi Geografi Bali 2007 menjelaskan anggur ini berwarna ungu kehitaman, rasanya manis masam, mengandung vitamin C, vitamin B, voloitile oil, etil alkohol dan etanol hasil panen.




1 Comment

  1. permisi saya tertarik dengan perkebunan anggur ini. apakah ada informasi lebih lanjut atau ada nomor yang bisa saya kontak dari pihak perkebunan anggur ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*