5 Genre Musik yang Membantumu Konsentrasi Belajar, Cobain!

genre musik, konsentrasi belajar, fokus belajar
Ilustrasi: Mendengarkan musik dengan menggunakan earphone dapat membantu lebih fokus belajar. (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Musik terbukti dapat membantu fokus. Sebab saat belajar atau bekerja sambil mendengarkan musik, gangguan terhadap konsentrasi secara mudah dapat dihempas dengan mudahnya. Mendengarkan musik sambil menghafal atau memahami pelajaran.

Beberapa jenis irama musik merangsang saraf otak bekerja semakin aktif. Sinyal listrik dari musik akan merangsang kerja otak kiri dan kanan secara bersamaan. Otak kanan berhubungan dengan ingatan, kognitif, dan emosi. Mood yang menjadi baik karena alunan musik itu  Mood yang baik akan membuat makin fokus belajar.

Namun, tidak semua jenis musik dapat membantu konsentrasi belajar. Meskipun mendengaran musik merupakan selera, ada baiknya kamu mengetahui jenis irama yang dapat membantumu konsentrasi belajar.

BACA JUGA:

Hari ini, 9 Maret, diperingati sebagai Hari Musik Nasional. Untuk ikut merayakannya dari rumah, cek genre musik yang dapat membantumu konsentrasi belajar berikut dan coba mana yang cocok buatmu!

Suara Alam

Suara alami yang dimainkan sambil belajar dapat meningkatkan keterampilan kognitif dan memperbaiki mood. Suara-suara seperti aliran air, suara hujan atau suara bernuansa hutan akan memberikan ketenangan.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*