5 Tips Atur Keuangan Jitu untuk Mahasiswa Boros

(Ilustrasi Membuat Perencanaan Keuangan) KalderaNews.com/Ost)
Membuat Perencanaan Keuangan (KalderaNews.com/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Banyak mahasiswa mengaku kesulitan mengatur keuangan. Berbagai keinginan dan tuntutan gaya hidup sering dijadikan alasan mahasiswa sulit menabung.

Terlebih bagi mereka yang tinggal di perantauan. Kondisi jauh dari orang tua dan minim kontrol membuat sifat boros lama-lama semakin melekat.

Padahal jika tidak dibiasakan membuat financial planning sejak dini, kamu bisa terjebak dalam masalah keuangan di kemudian hari.

Tenang, belum terlambat untuk mengubah kebiasaan boros itu kok. Yuk simak tips atur keuangan untuk mahasiswa boros berikut ini:

1. Pahami Sumber Pemasukan

Langkah pertama adalah pahami sumber uang yang kamu miliki selama sebulan. Jika belum bekerja, uang saku 100% tentu berasal dari orang tua. Namun ada juga mahasiswa yang memiliki penghasilan sampingan lain seperti bisnis dan freelance.

Setelah mengetahui sumber pemasukan, buatlah catatan kemana saja uang itu akan dialokasikan. Dari catatan tersebut kamu akan lebih mudah melihat kebutuhan prioritas dan mana pengeluaran yang bisa diminimalisir.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*