Simak, Inilah 5 Cara Merawat Mobil di Tengah Cuaca yang Berubah-Ubah

Ilustrasi: Cara merawat mobil di tengah cuaca yang berubah-ubah. (KalderaNews.com/Ist.)
Ilustrasi: Cara merawat mobil di tengah cuaca yang berubah-ubah. (KalderaNews.com/Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Cuaca akhir-akhir ini tak menentu. Selain kondisi tubuh yang mesti dijaga, kondisi mobil juga harus tetap fit, agar perjalanan tetap aman dan nyaman.

Nah, melakukan perawatan mobil menjadi hal wajib agar tetap bersih, sehat, awet, dan berada pada kondisi yang prima ketika dikendarai. Perawatan mobil matic atau manual sama-sama harus dilakukan secara rutin.

BACA JUGA:

Berikut 5 cara merawat mobil di tengah kondisi cuaca yang terus berubah-ubah:

Tidak menunda cuci mobil

Jika di jalan terpapar hujan, jangan tunda lagi untuk mencuci mobil sebagai upaya menjaga agar tidak timbul water spot atau jamur bodi dan jamur kaca. Mobil yang dibiarkan kotor akan menyulitkan ketika akan dibersihkan di kemudian hari. Hujan itu bersifat asam sehingga memiliki potensi merusak cat mobil, bahkan memicu tumbuh karat.

Pastikan wiper berfungsi

Wiper memiliki peran penting saat hujan melanda. Maka, pastikan wiper dalam kondisi prima, termasuk wiper belakang untuk mobil jenis hatchback, SUV, dan MPV. Periksa air pembersih kaca dan segera isi.

Periksa kondisi mesin

Pastikan mesin mobil dalam kondisi prima. Periksa kekencangan kabel busi dan kabel aki. Periksa pula rumah saringan udara dari risiko bocor untuk menutup celah air masuk. Cek juga ketinggian oli mesin dan segera tambah bila kurang. Periksa pula cairan lain di dalam ruang mesin, seperti air radiator dan minyak rem.

Cek kondisi ban

Kondisi ban memegang peran amat penting jika hujan. Maka, pastikan telapak ban dalam keadaan baik agar dapat melewati genangan air dengan mudah. Cek pula tekanan angin ban supaya dapat bekerja optimal, termasuk ban serep. Lakukan spooring, balancing, dan rotasi ban di bengkel resmi secara rutin agar ban tetap dalam kondisi prima.

Jaga perangkat rem dan AC

Performa rem mobil bisa menurun tatkala melewati jalan basah. Maka, pastikan rem tidak bermasalah, minimal dengan memastikan takaran minyak rem di dalam tabungnya tidak berkurang. Pastikan pula AC mobil dalam kondisi baik untuk mencegah kaca mobil berkabut yang akan mengganggu visibilitas ketika hujan.

Jika merasa artikel ini bermanfaat, silahkan dishare pada saudara, sahabat, dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*