“Remaja Sehat, Bebas Anemia”, Tema Hari Gizi Nasional (HGN), 25 Januari 2021

Ilustrasi: Panduan Hari Gizi Nasional 2021. (KalderaNews.com/Dok. Kemenkes)
Ilustrasi: Panduan Hari Gizi Nasional 2021. (KalderaNews.com/Dok. Kemenkes)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Setiap 25 Januari, kita memperingati Hari Gizi Nasional (HGN). Tahun ini, HGN bertema “Remaja Sehat, Bebas Anemia” dengan slogan: Gizi Seimbang, Remaja Sehat, lndonesia Kuat”

So, kenapa remaja dan anemia menjadi fokus dalam peringatan Hari Gizi Nasional 2021? Begini penjelasannya.

BACA JUGA:

Dikutip dari buku panduan peringatan Hari Gizi Nasional 2021 yang diterbitkan Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat, Kementerian Kesehatan, salah satu komponen terpenting dalam pertumbuhan manusia adalah terpenuhinya kebutuhan gizi, terutama pada 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) hingga usia remaja.

Masalah gizi yang terjadi pada usia remaja bisa meningkatkan kerentanan terhadap penyakit di usia dewasa serta berisiko melahirkan generasi yang bermasalah gizi. Persoalan gizi pada usia remaja juga berpengaruh pada perkembangan kognitif, produktivitas, kinerja, dan daya saing di tingkat global.

Kini, lndonesia masih dihadapkan pada beban ganda masalah gizi, yaitu masih tingginya prevalensi stunting, wasting dan obesitas, serta kekurangan zat gizi mikro, terutama anemia yang masih menjadi tantangan besar. Hal ini bisa menjadi ancaman besar, lantaran dampaknya terhadap penurunan kualitas sumber daya manusia pada masa depan.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*