4 Manfaat Menulis yang Belum Diketahui, Bermanfaat Banget!

Ilustrasi menulis (KalderaNews/Ist)
Menulis (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Sebuah studi baru-baru ini menjelaskan mengapa menulis adalah kegiatan yang bermanfaat, tidak hanya dalam mata pelajaran yang biasanya terkait dengan menulis, seperti sejarah dan bahasa Inggris, tetapi di semua mata pelajaran.

Profesor Steve Graham dan rekan-rekannya di Arizona State University’s Teachers College menganalisis 56 studi yang melihat manfaat menulis dalam sains, studi sosial, dan matematika, dan menemukan bahwa menulis “meningkatkan pembelajaran yang andal di semua tingkat kelas.

Sementara guru biasanya meminta siswa untuk menulis tentang suatu topik untuk menilai seberapa baik mereka memahami materi, proses menulis juga meningkatkan kemampuan siswa untuk mengingat informasi, membuat hubungan antara konsep yang berbeda, dan mensintesis informasi dengan cara baru.

BACA JUGA:

Lalu, manfaat menulis apa lagi yang dapat membantu pribadi siswa menjadi lebih baik? Yuk, simak uraian lengkapnya!

Memperkuat Memori

Mengapa menulis efektif? “Menulis tentang materi konten memfasilitasi pembelajaran dengan menggabungkan informasi dalam memori jangka panjang,” jelas Graham dan rekan-rekannya, menggambarkan proses yang dikenal sebagai efek pengambilan.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*