KOSN 2020 Resmi Digelar Secara Daring, Hanya Melombakan Karate dan Pencak Silat

KOSN 2020 Resmi Digelar Secara Daring. (KalderaNews.com/Dok. Kemendikbud)
KOSN 2020 Resmi Digelar Secara Daring. (KalderaNews.com/Dok. Kemendikbud)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) resmi menggelar Kompetisi Olahraga Siswa Nasional (KOSN) 2020. Kompetisi olahraga ini diadakan secara daring.

Pelaksanaan KOSN 2020 terbagi berdasarkan jenjang. Jenjang pendidikan dasar yang meliputi SD dan SMP digelar 2 sampai 7 Desember 2020. Sementara, jenjang pendidikan menengah yang meliputi SMA dan SMK digelar pada 16 sampai 21 November 2020.

BACA JUGA:

Direktur Jenderal PAUD, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah, Jumeri mengatakan, KOSN 2020 merupakan bukti lahirnya terobosan baru di dunia kompetisi olahraga yang digelar secara virtual tanpa menghilangkan makna keolahragaan. “Selamat kepada kalian semua yang selalu terus telah berjuang bersemangat belajar dan membangun eksistensi diri melalui aktivitas yang positif,” ujar Jumeri.

Jumeri berpesan kepada peserta agar berkompetisi secara jujur, sportif, dan menjunjung integritas. “Lakukan semua dengan ikhlas, jangan melakukan sesuatu pekerjaan didasari dengan niat mencari perhatian atau mendapatkan pujian melainkan lakukan dengan niat baik dan ketulusan,” kata Jumeri.

Tahun lalu, ajang ini bernama Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) dan menjadi rangkaian lomba yang diadakan pada bulan Olahraga dan Kesehatan Jasmani, serta diikuti siswa jenjang SD hingga SMA/SMK. Namun, akibat pandemi Covid-19, KOSN 2020 hanya menggelar dua cabang olahraga, yaitu karate dan pencak silat.

Pelaksana tugas (Plt.) Kepala Puspresnas, Asep Sukmayadi mengatakan, KOSN dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan motivasi peserta didik dalam penguasaan bidang olahraga dan memiliki nilai-nilai luhur. “Saling menghormati, saling menghargai keunggulan orang lain, bersahabat, serta sportif,” ujar Asep Sukmayadi.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*