Inilah Daftar Lengkap Pemenang KSN Jenjang SMP Bidang IPA 2020

Peraih Medali Emas KSN Jenjang SMP Bidang IPA 2020
Peraih Medali Emas KSN Jenjang SMP Bidang IPA 2020 (KalderaNews/JS de Britto)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Kompetisi Sains Nasional (KSN) SMP Tingkat Nasional 2020 sukses digelar secara daring selama 2 (dua) hari pada 2-3 November 2020.

Kompetisi Sains Nasional (KSN) yang digelar secara daring mengingat pandemi belum berakhir. Tema KSN tahun ini adalah “Melejitkan Talenta dan Prestasi Seni di Masa Pandemi”.

Para juri yang terlibat dalam proses tes dan penilaian merupakan akademisi yang berasal dari beberapa perguruan tinggi, di antaranya adalah Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Indonesia, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Negeri Malang, Universitas Negeri Semarang, Institut Teknologi Bandung, Institut Pertanian Bogor, dan UIN Syarif Hidayatullah.

Ada pun bidang sains yang dilombakan dalam KSN Tahun 2020 untuk jenjang SMP ada tiga bidang lomba yaitu IPA, IPS, dan Matematika.

BACA JUGA:

Di masing-masing bidang lomba peserta memperebutkan 10 medali emas, 15 medali perak, 20 medali perunggu serta sertifikat.

Sebanyak 204 siswa SMP dari berbagai sekolah di Indonesia berkompetisi secara sportif di KSN Tingkat Nasional 2020 Bidang IPA ini.

Siapakah para pemenangnya? Berikut ini daftar lengkap para pemenang peraih medali emas, perak dan perunggu di KSN SMP Bidang IPA 2020:

10 Siswa Peraih Medali Emas KSN Jenjang SMP Bidang IPA 2020

Peraih Medali Emas KSN Jenjang SMP Bidang IPA 2020
Peraih Medali Emas KSN Jenjang SMP Bidang IPA 2020 (KalderaNews/JS de Britto)

15 Siswa Peraih Medali Perak KSN Jenjang SMP Bidang IPA 2020

Peraih Medali Perak KSN Jenjang SMP Bidang IPA 2020
Peraih Medali Perak KSN Jenjang SMP Bidang IPA 2020 (KalderaNews/JS de Britto)

20 Siswa Peraih Medali Perunggu KSN Jenjang SMP Bidang IPA 2020

Peraih Medali Perunggu KSN Jenjang SMP Bidang IPA 2020
Peraih Medali Perunggu KSN Jenjang SMP Bidang IPA 2020 (KalderaNews/JS de Britto)
Peraih Medali Perunggu KSN Jenjang SMP Bidang IPA 2020
Peraih Medali Perunggu KSN Jenjang SMP Bidang IPA 2020 (KalderaNews/JS de Britto)

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim mengucapkan selamat bagi para peserta KSN 2020.

“Saya mengapresiasi komitmen para peserta yang tetap berusaha berkompetisi meskipun di tengah pandemi. Terima kasih karena selalu menunjukkan semangat meraih prestasi,” ucap Mendikbud secara virtual
di acara Apresiasi dan Penghargaan Kompetisi Sains Nasional (KSN) Jenjang SD dan SMP 2020 pada Kamis, 5 November 2020.

Mendikbud menegaskan Kemendikbud terus berkomitmen membuka peluang bagi generasi muda untuk berkompetisi di tingkat nasional dan internasional. Ia berharap peserta didik mampu menjadikan KSN sebagai daya dorong.

“Kita jadikan KSN sebagai ajang membentuk karakter kalian untuk berprestasi, jujur, disiplin, sportif, dan cinta tanah air. Saya harap atmosfer kompetisi yang sehat dapat berlanjut di sekolah dan didukung seluruh pemangku kepentingan harus berkontribusi menyiapkan peserta didik yang andal untuk Indonesia yang lebih baik,” pesannya.

Pada kesempatan yang sama, Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala Puspresnas, Kemendikbud, Asep Sukmayadi mengatakan, “Dengan tagline: Jujur Itu Juara’, Menolak Menyerah, dan Berprestasi dari Rumah dalam kondisi Pandemi Covid-19’ ini, kita harus menyesuaikan penyelenggaraan KSN dengan protokol kesehatan.”

“Di masa pandemi, para peserta mengikuti KSN secara daring dari rumah masing-masing dengan menggunakan ponsel, gawai, atau perangkat elektronik pendukung lainnya,” tandas Asep.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*